Dosen Unibos Lakukan Pengembangan Desa Mitra di Tasiwalie Pinrang

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Tim Dosen Universitas Bosowa (Unibos) Dr. Muhlis Ruslan,SE.,M.Si (Prodi Manajemen) bersama tim Dr. Ir Sri Mulyani, MM (Prodi Perikanan), Dr. Zulkifli Makkawaru,SH.,MH (Prodi Hukum) dan Ir.Palulus Lebang,MT (Fakultas Teknik) melakukan Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM).

Kegiatan ini difokuskan pelaksanaannya di Desa Tasiwalie Kabupaten Pinrang.

Lokasi tersebut dipilih sebagai pengembangan karena potensi yang dapat dikembangkan dengan wilayah yang berada di sekitar lautan, sehingga potensi dalam mengembangkan usaha cukup banyak.

- Iklan -

“Dengan demikian pembangunan ekonomi masyarakat sebagai proses perbaikan yang berkesinambungan menuju kehidupan yang lebih baik juga menjadi fokus dalam pengembangan desa mitra ini,” tutur Muhlis Ruslan.

Baca Juga:  Senyum Sehat dan Ceria di Tengah Tumpukan: Fakultas Vokasi Unhas Sukses Selenggarakan Bina Desa di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa Antang

Dalam pengembangan desaini terdapat beberapa tahapan yang dilakukan tim dosen Unibos. Termasuk tahun pertama di 2019 lalu bersama kelompok tani, tim dosen Unibos membangun kolam pemeliharaan dan penampungan bibit bandeng (nener).

Sehingga pada tahun 2020 ini tim Dosen Unibos kembali akan menambah 1 unit kolam sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

- Iklan -

Selain itu dalam pemberdayaan ini, Tim Dosen Unibos membenahi tambak ± 1 ha untuk budi daya ikan bandeng dengan maksud melatih ibu-ibu petani tambak dan ibu-ibu PKK Desa Tasiwalie secara mandiri dapat memiliki kompetensi sesuai harapan tim pelaksana untuk mampu melakukan proses pemeliharaan dan pemanenan.

Baca Juga:  Tiga Hal Dibutuhkan Pemuda Era 5.0

Selanjutnya, pemberdayaan desa mitra juga dilakukan tim dosen Unibos dengan melaksanakan pelatihan lebih awal terkait cara pencabutan tulang ikan bandeng dan pembuatan abon agar kedepan masyarakat lebih memahami teknik pengolahan produk berdaya saing dan memiliki nilai jual.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU