Kamis, Februari 25, 2021

Empat Pesan Rasulullah Sebelum Tidur Malam

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Rasulullah Muhammad SAW berpesan kepada putrinya, Aisyah. Ya Aisyah, janganlah engkau tidur malam sebelum melakukan empat perkara berikut ini; khatam Quran, agar para Nabi memberikanmu syafaat di hari kemudian, agar para muslim meridhoimu sebelum engkau melakukan haji dan umrah.

Aisyah lalu menjawab, bagaimana aku bisa melakukan empat perkara itu sekaligus? Dengan tersenyum Rasulullah menjelaskan, Khatam Qur’an adalah membaca surah Al-Ihlas sebanyak 3 kali. Agar kelak para Nabi memberikanmu syafaat di Hari Kemudian, bacalah sholawat Nabi sebanyak 3 kali.

Agar para muslim meridhoimu, beristigfarlah untuk para muslim. Sebelum engkau melakukan Haji dan Umroh, perbanyak bertasbih, bertahmid dan bertakbir.

Satu Jam

Satu jam setelah subuh, menentukan arah tujuan hidup kita. Lalu apa saja yang perlu dilakukan?

Usahakan tidak tidur setelah subuh karena menutup banyak pintu rejeki. Bahkan membuat badan menjadi lemas. Kalau misalnya kita terlalu capek, tunggulah pukul 07.00 pagi ke atas. Pada waktu itulah baik kita istirahat.

Biasakan mandi sebelum dan setelah subuh. Itu akan membantu tubuh menjadi segar dan sehat. Juga membuat kita lebih awet muda.

Sarapan, biasakan makan di waktu pagi, hanya sedikit. Untuk membuat sel-sel otak, sistem pencernaan, serta sistem imun di tubuh kita bekerja dengan baik. Makan roti seiris pun tidak apa. Minum susu atau kopi juga mantap.

Ini yang paling penting, baca Al-Qur’an, zikir, sholawat. Mau melakukannya, sendiri pun tidak apa. Atau mendengarkan murrot atau ceramah dari youtube, juga tidak masalah.

Bila rutin melakukan semua hal tersebut di atas, Insya Allah hidup kita lebih bermakna. Dan kita mampu melangkah dan menjalani hari kita lebih baik dan bertenaga. (ANA)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

LDK FSI UNM Gelar Muktamar ke XXII

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Forum Studi Islam (FSI​) Raudhatul Ilmi (RI) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar MUKTAMAR ke XXII...

Siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar Belajar Public Speaking Bersama Binus University

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kelas inpirasi bagi kelas XII kembali digelar SMA Islam Athirah 1 Makassar secara virtual, Senin (22/02/2021). Sejumlah 83 partisipan...

Penandatanganan Kotrak PPPK, Plh. Bupati Barru Berpesan

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja yang disingkat PPPK adalah warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu yang diangkat berdasarkan perjanjian...

OSIS SMA Islam Athirah Gelar Webinar Kesehatan, Kepsek: Mereka Pandai Baca Situasi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - OSIS SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar webinar kesehatan bertajuk “Pentingnya Kesehatan Mental di Kalangan Remaja dan Pengetahuan Mental...

Unibos Kembali Jadi PT Terbanyak Raih Dana Hibah Proposal Pengabdian Masyarakat

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Bosowa (Unibos) kembali raih pendanaan hibah proposal pengabdian masyarakat terbanyak tahun 2021. Sebelumnya pada tahun 2020, Unibos pun menjadi...

REKOMENDASI