Fakta Tentang Ir Soekarno, Presiden Pertama Indonesia yang Wajib Kamu Tahu!

FAJAR Pendidikan

Ir Soekarno merupakan presiden pertama Indonesia yang lahir pada tanggal 6 Juni 1901, simak fakta sang bapak bangsa. Ir Soekarno lahir dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai, berikut fakta sang Proklamator.

Ir Soekarno, Presiden pertama Indonesia itu pernah mengenyam pendidikan di Eerste Inlandse School, sebagai salah satu fakta sekolah yanh pernah disinggahi. Lalu, Ir Soekarno melanjutkan pendidikannya ke Europeesche Lagere School (ELS), Hoogere Burger School (HBS), dan Technische Hoogeschool te Bandoeng (yang sekarang dikenal ITB), cek fakta lainnya.

Berikut Fakta Ir Soekarno, Presiden pertama Indonesia yang wajib kamu ketahui.

Seperti ungkapan Ir Soekarno, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal sejarahnya”.

1. Soekarno Pernah Ganti Nama

Sewaktu masih kanak, Soekarno seringkali mengidap berbagai penyakit, mulai dari tifus malaria, dan disenteri.

“Nama kelahiranku adalah Kusno. Aku hidup sebagai anak yang penyakitan. Bapak menerangkan kalau namanya tidak cocok,”

“Dan harus diberi nama lain supaya tidak sakit-sakitan lagi,” kata ekarno kepada Cindy Adams, wartawati Amerika Serikat, dalam buku Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.

BACA JUGA :   Profil dan Biodata Brigadir RR alias Ricky Rizal, Tersangka Baru Kasus Kematian Brigadir J

Wawancara tersebut dituangkan ke dalam buku Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, di mana terbit pada 1966.

“Bapak Soekarno berharap, nama itu bisa menjadi doa, agar kelak Soekarno bisa menjadi seorang patriot dan pahlawan besar dari rakyatnya, seperti halnya tokoh Karna di pewayangan,” tulis Cindy Adams.

Lalu, nama Karna diberi penambahan seperti pada umumnya nama orang jawa, Su. Ejaan U pada waktu itu menggunakan ‘Oe’, sehingga menjadi Soe. Su pada budaya jawa bermakna, yang paling baik.

2. Ir Soekarno Menikahi 9 Wanita

Soekarno terkenal dengan jumlah pernikahnnya yang sangat banyak. Terhitung, ia pernah menikahi total sembilan wanita semasa hidupnya. Dari semua pernikahannya, dia dikaruniai 11 anak.

Pernikahannya yang pertama adalah dengan Siti Oetari, ia adalah putri sulung HOS Tjokroaminoto. Namun hubungan mereka tak berlangsung lama.

Kemudian ia menikahi perempuan yang usianya tiga belas tahun lebih tua, Inggit Ganarsih. Mereka menikah hampir 20 tahun, namun berpisah tahun 1943, Lantaran Inggit tidak mau dimadu. Lalu, Soekarno kembali menikahi gadis muda bernama, Fatmawati. Fatmawati terkenal karena dianggap berjasa dengan menjahit bendera merah putih 17 Agustus 1945.

BACA JUGA :   Profil dan Biodata Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Perjalanan Karir dan Prestasi

Dari pernikahan ini lahirlah banyak tokoh Indonesia seperti Guntur Soekarnoputra, Megawati, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri dan Guruh Soekarnoputra.

Kemudian, Presiden Pertama Indonesia itu menikah lagi dengan Hartini, berstatus janda lika anak. Lalu menikahi Haryati seorang penari dan staf Sekretarian Negara Bidang Kesenian.

Pernikahannya yang keenam adalah dengan Ratnasari Dewi. Wanita berdarah Jepang. Nama aslinya adalah Naoko Nemoto. Perjalanan cinta Soekarno belum usai, ia kembali mempersunting Kartini Manoppo. Seorang model dan mantan pramugari.

Pernikahannya yang kedelapan adalah dengan gadis SMA, Yurike Sanger. Namun kondisi politik Indonesia yang saat itu sulit membuat keduanya harus berpisah.

Pernikahan Soekarno yang terakhir adalah dengan Heldy Djafar pada tahun 1966.

3. Sahabat dari Kepala Negara Lain

Diketahui Presiden Pertama Indonesia, Soekarno, memiliki sahabat dari dunia internasional. Di antaranya, Perdana Menteri India, Jawaharlal Nehru.

Presiden Mesir Gamal, Abdul Nasser. Presiden John Fitzgerald Kennedy. Fidel Castro dan Che Guevara. Pemimpin Uni Soviet Nikita Kruschev. Presiden Yugoslavia Josep Broz Tito.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI