Fakta Unik Kuku, Bagian Tubuh yang Tak Perna Berhenti Tumbuh

Kuku menyimpan banyak fakta unik dan menarik.

Kuku adalah bagian tubuh manusia yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari dan memiliki pori-pori.

Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku bukan bagian dari tulang melainkan terbuat dari protein yang disebut keratin. Keratin bukan hanya terdapat pada kuku saja, melainkan terdapat juga pada kulit dan rambut.

Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit.

Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 – 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh.

Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh.

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang cukup unik. Tapi banyak di antara kamu yang kurang memperhatikan kondisi kuku.

Berikut 15 fakta menarik soal kuku yang bisa menambah pengetahuan kamu

  1. Di antara semua kuku pada jari, kuku ibu jari yang tumbuhnya paling lambat.
  2. Jika Anda memotong kuku secara teratur, mereka akan tumbuh lebih cepat.
  3. Kuku tumbuh lebih cepat di iklim hangat daripada dingin. Karena itu Anda akan lebih sering memotong kuku saat musim panas.
  4. Kuku lebih cepat tumbuh di siang hari daripada malam hari.
  5. Komponen utama kuku sama seperti rambut yakni sejenis protein yang disebut keratin.
  6. Saat masih muda kuku Anda tumbuh lebih cepat daripada di usia tua.
  7. Kuku tumbuh lebih cepat di sisi yang dominan. Misalnya, jika Anda kidal, maka kuku pada tangan kiri Anda akan tumbuh lebih cepat daripada yang ada di sebelah kanan.
  8. Anda bisa merangsang pertumbuhan kuku dengan memijatnya seperti menekan secara ringan di atas meja atau mengetik di keyboard komputer.
  9. Berlawanan dengan kepercayaan populer, rambut dan kuku tidak terus tumbuh setelah Anda mati. Karena tubuh mengalami dehidrasi setelah kematian, seolah-olah muncul kuku dan rambut yang tumbuh.
  10. Pertumbuhan kuku di jari tangan lebih cepat 3-4 kali dibanding kuku jari kaki. Maka dari itu Anda lebih sering memotong kuku di tangan daripada kuku di kaki Anda.
  11. Kuku di jari kaku memiliki ketebalan dua kali lipat daripada kuku tangan. Karena itu Anda merasa lebih sulit untuk memotong kuku kaki.
  12. Rata-rata dalam sebulan, kuku bisa tumbuh 1/10 inchi dan kuku di jari tengah yang tumbuh paling cepat.
  13. Kuku dapat memberitahu kesehatan Anda secara keseluruhan. Misalnya, jika Anda memiliki bintik-bintik putih pada kuku Anda, maka bisa jadi tanda kekurangan kalsium dalam tubuh.
  14. Jika kuku Anda rapuh, tingkatkan asupan air agar mereka menjadi kuat.
  15. Dalam banyak budaya, nasib buruk dapat menimpa Anda jika memotong kuku di malam hari.
- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI