Monday, July 13, 2020

Fakultas Keperawatan Unhas Bahas Strategi Tantangan Pembelajaran di Masa Pandemi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Webinar Internasional dengan tema “Challenges, Barriers, and Strategies in Delivering Teaching and Learning at The Nursing Schools During The Covid-19 Pandemic”.

Kegiatan berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube Fakultas Keperawatan Unhas, Kamis (4/6).

Hadir sebagai narasumber yaitu:

  1. Prof Karen Francis (Kepala Ilmu Keperawatan dan Dekan Asosiasi NSW, Universitas Tasmania, Australia)
  2. Janet Yuen-Ha Wong (Associate Professor Sekolah Keperawatan Universitas Hongkong)
  3. Chong Mei Chan, Ph.D (Kepala Departemen Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Malaya, Malaysia)
  4. Sukardi Suba, MS, RN, ACCNS-AG (Kandidat Doktoral dan Asisten Pengajar Departemen Keperawatan Psikologi, Universitas California, San Francisco, USA)
  5. Rini Rachmawaty, BSN, MN., Ph. D (Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Keperawatan Unhas)
  6. Haryani, BSN, M. Sc., Ph. D., (Kepala Prodi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Keperawatan, UGM, Indonesia)
  7. Hawa Mohammad Alabdulazis, Ph.D., (Assisten Professor, Universitas King AbdulAziz, Saudi Arabia)

Mengawali kegiatan, Dekan Fakultas Keperawatan Unhas, Dr Ariyanti Saleh, S. Kp., menyampaikan terima kasih atas kesediaan waktu dari para narasumber.

Ia juga memberi apresiasi atas antusiasme peserta webinar internasional.

“Wabah Covid-19 memberi dampak luar biasa dalam berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan.  Salah satunya, tatanan pola pembelajaran yang berubah,” ungkap Ariyanti.

“Untuk mengatasi tantangan tersebut, kita membutuhkan kolaborasi guna menghasilkan respon berkualitas agar proses pembelajaran tetap mencapai standar yang diinginkan,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu menghargai kegiatan Fakultas Keperawatan Unhas.

Tema yang dipilih sesuai dengan kondisi saat ini, sehingga menghasilkan satu topik pembahasan menarik.

Para nara sumber dan peserta dapat bersama-sama membagi gagasan terkait metode pembelajaran selama masa pandemi Covid-19.

“Sejak pandemi, kita mengalami penyesuaian dalam segala hal, khususnya dalam model pembelajaran online. Metode ini tentu membutuhkan dukungan sistem yang baik, terutama untuk kegiatan yang berbasis laboratorium,” jelas Prof Dwia.

Dengan adanya kegiatan ini, Prof Dwia berharap menjadi wadah berbagi untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih berkualitas dan sesuai standar output yang diinginkan.

Sementara itu, Prof Karen Francis salah satu narasumber kegiatan berkesempatan menjelaskan materi mengenai “The Impact of Covid-19 on The Delivery of The Bachelor of Nursing, University of Tasmania”.

Secara umum, Prof Karen membahas tantangan, hambatan dan strategi Universitas Tasmania dalam mengelola manajemen pembelajaran selama masa pandemi Covid-19.

“Saat pandemi, kampus tentu ditutup, yang berdampak pada mekanisme kerja dan proses pembelajaran,” ungkap Prof Karen.

Untuk segala perubahan tersebut, kata Prof Karen, dibutuhkan strategis adaptasi dan komunikasi, baik secara internal maupun eksternal guna menyamakan langkah tepat.

“Yang paling penting adalah perubahan kurikulum bisa selaras. Untuk mendukung keterampilan praktek laboratorium, kami ajarkan dulu secara online hingga ruang praktek dibuka kembali,” jelas Prof Karen.

Kegiatan yang dipandu oleh Kusrini Kadar, BSN, MN, Ph. D.,  (Dosen Senior Fakultas Keperawatan Unhas) diikuti oleh kurang lebih 300 peserta berlangsung lancar hingga berakhirnya kegiatan.(*/FP)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

OPINI : Kasus Covid Meningkat, Akibat Pelonggaran Kebijakan

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pemerintah mengatakan anggaran kesehatan untuk penanganan Covid-19 yang sebesar Rp 87,55 triliun tidak akan bertambah hingga akhir tahun walaupun kasus...

Penulis Novel Kelahiran Sidrap Serahkan Karyanya ke Perpustakaan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Lewat chat WhatsApp, penulis novel S. Gegge Mappangewa mengabarkan kepada Tulus Wulan Juni Pustakawan Makassar akan mengirimkan bukti terbit...

Sebulan Dikepung Banjir, Warga Kelurahan Tempe Mulai Mengeluhkan Kurangnya Air Bersih

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Ratusan orang terpaksa meninggalkan rumah-rumah dan lahan-lahan pertanian mereka untuk menghindari banjir di Kabupaten Wajo. Pihak berwenang memerintahkan warga...

Lantamal VI Gelar LDD SIMAK BMN T.A 2020

Makassar, FAJARPENDIDIDKAN.co.id - Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) gelar Latihan Dalam Dinas (LDD) Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik...

Cegah Covid-19, Sejumlah Ruang Pertemuan di Mapolres Bone Disemprot Disinfektan

Bone, Fajarpendidikan.co.id- Polres Bone melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah ruang pertemuan kantor, Senin (13/07/2020). Sejumlah tempat yang dilakukan penyemprotan...

REKOMENDASI