Panitia Pusat UTBK Unhas Gelar Sosialisasi Pengawas Secara Daring

FAJAR Pendidikan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Universitas Hasanuddin sebagai Panitia Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menggelar Sosialisasi Tata Laksana Pengawasan UTBK – SBMPTN secara daring melalui aplikasi Zoom, Rabu (1/7).

Sosialisasi diikuti oleh lebih 800 dosen yang akan bertugas sebagai pengawas ruangan, penanggung jawab lokasi, petugas umum, teknisi IT, hingga panitia teknis lainnya.

Di awal acara, Wakil Rektor Bidang Akademik yang juga Ketua Panitia Pusat UTBK Universitas Hasanuddin, Prof Dr Ir Muh Restu, MP, menjelaskan bahwa sosialisasi ini sangat penting. Petugas dan pengawas perlu mengetahui berbagai perubahan yang terjadi pada pelaksanaan UTBK tahun ini.

“Memang sebagian besar dosen dan mitra telah terlibat dalam pengawasan ini dari tahun ke tahun.  Namun kali ini, situasi pandemi Covid-19 menyebabkan kita menerapkan banyak sekali penyesuaian.  Itulah sebabnya sosialisasi ini lebih penting dari biasanya,” kata Prof Restu.

BACA JUGA :   Posko 14 PBL III FKM Unhas Adakan Pelatihan Emo Demo Pencegahan Hipertensi, PHBS Dan TPS

Acara sosialisasi dipandu oleh Kasubdit Humas dan Informasi Publik Direktorat Komunikasi Unhas, Ishaq Rahman, S IP., M Si., AMIPR.

Paparan mengenai panduan untuk pengawas sendiri dibawakan oleh Koordinator Pelaksana UTBK Unhas, Dr Eng Wardi, ST., M Eng.

Dalam presentasinya, Wardi menjelaskan mengenai tahapan yang perlu dilewati oleh setiap peserta yang perlu menjadi perhatian dan keterlibatan pengawas.

Meskipun garis besar dari proses ujian ini tidak berbeda dari tahun sebelumnya, namun dalam detailnya banyak hal yang harus diperhatikan.

“Poin paling utama adalah kita menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.  Para pengawas mempunyai peran penting, sebab harus proaktif mengawasi peserta, bukan saja untuk memastikan kejujuran dalam ujian, namun juga tindakan yang sesuai protokol kesehatan,” kata Wardi usai menjelaskan tahapan sosialisasi.

BACA JUGA :   Mahasiswa PBL III FKM Unhas Posko 28 Laksanakan Seminar Awal di Desa Laguruda

Acara yang kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan masukan dan pertanyaan dari peserta dan pengawas.  Umumnya, ingin menegaskan kembali hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama masa pengawasan.

Pusat UTBK Universitas Hasanuddin sendiri akan menggelar ujian berbasis komputer terhadap 19.025 peserta.

Jadwal pelaksanaan adalah tanggal 5 s.d. 14 Juli 2020, yang akan mengambil tempat pada 14 lokasi, terdiri atas tiga lokasi di lingkungan Unhas dan 11 lokasi mitra.

Setiap hari, ujian akan berlangsung dalam dua sesi, yaitu pagi hari dan siang/sore hari. Peserta diharapkan memperhatikan betul protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh LTMPT dan Pusat UTBK Unhas.(*)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI