FKM Unhas Adakan Gerakan Menghafal dan Shalat Berjamaah

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Gerakan FKM Unhas menghafal dan shalat berjamaah (GFKMSB) merupakan salah satu kegiatan yang diusung oleh sivitas Akademika Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) yang bekerja sama dengan LD Al- Aafiyah FKM Unhas.

Adapun beberapa kegiatan Gerakan FKM Unhas menghafal dan shalat berjamaah (GFKMSB) yaitu, setiap hari kamis untuk penyetoran hafalan dan buka puasa bersama sunnah senin-kamis, serta ceramah agama yang dilaksanakan dua pekan sekali.

Adapun pesertanya yaitu dosen, staf dan pegawai, tenaga pendidik, serta mahasiswa FKM Unhas.

- Iklan -

Adapun tujuan kegiatan Gerakan FKM Unhas menghafal dan shalat berjamaah (GFKMSB) yaitu:

1. Meningkatkan minat sivitas akademika muslim dan muslimah FKM Unhas membaca, menghafalkan, dan mentadabburi ayat- ayat Al- Qur’an.

2. Menjadikan sivitas akademika muslim dan muslimah FKM Unhas senantiasa terlibat dalam kegiatan religius.

- Iklan -

3. Meningkatkan kemampuan sivitas akademika muslim dan muslimah FKM Unhas dalam menghafal Al- Qur’an.

Baca Juga:  Unpacti Makassar Berikan Pembekalan Bagi Mahasiswa KKN/P

4. Menciptakan suasana religius dalam lingkungan kampus yang penuh kesibukan.

5. Mendorong terbentuknya komunitas pecinta dan penghafal Al- Qur’an.

- Iklan -

6. Membentuk akhlak Qur’ani bagi sivitas akademika muslim dan muslimah FKM Unhas

7. Menjadi ajang peningkatan bakat islami yang bisa dilibatkan dalam pentas kegiatan.

Menurut Ketua LD Al-Aafiyah FKM Unhas, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi sivitas Akademika FKM Unhas.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memperbaiki bacaan Al- Qur’an peserta, memotivasi untuk menghafal Al- Qur’an, menggiatkan shalat berjamaah di masjid, serta befastabiqul khairat (saling berlomba-lomba dalam kebaikan).

“Dan Insyaaa Allah kegiatan ini juga merupakan amalan yang utama demi kebaikan kita semua di akhirat kelak,” kata ketua LD Al-Aafiyah FKM Unhas.

Sedangkan Dr Agus Bintara Birawida, S. Kel, M. Kes selaku mudarris di Gerakan FKM Unhas Menghafal dan Shalat Berjamaah (GFKMSB) mengatakan bahwa dengan menghafal Al- Qur’an maka akan menambah kecerdasan mahasiswa untuk menelaah bukan hanya ilmu dunia tetapi ilmu akhirat.

Baca Juga:  UIN Alauddin Makassar Terakreditasi Unggul

“Membuat mereka disiplin dalam menghafalkan Al- Qur’an disaat mereka sibuk-sibuknya kuliah, serta menambah volume otak mereka dalam menghafalkan Al- Qur’an,” ungkap Agus.

A. Muh. Faudzul Adziim salah satu peserta Gerakan FKM Unhas menghafal dan shalat berjamaah (GFKMSB) mengatakan bahwa kegiatan ini sangat memotivasinya untuk menghafal dan mentatadabburi isi dan kandungan Al- Qur’an.

Kegiatan ini juga menjadi kegiatan pengembangan salah satu karakter MARITIM Unhas yaitu religius.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, menjadikan mahasiswa-mahasiswa lain untuk turut serta dalam menghafal dan mentadabburi Al- Qur’an sehingga mahasiswa-mahasiswa Unhas dapat menjadi generasi rabbani yang siap terjun untuk masyarakat dan memiliki karakter MARITIM dengan cara mengamalkan isi dan kandungan Al- Qur’an dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Insyaa Allah,” harap Faudzul. (FP)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU