Mahasiswa PBL III FKM Unhas Gelar Kegiatan Seminar Akhir di Desa Sanrobone

Anggota Posko 30 Sanrobone Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) III dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan kegiatan “Seminar Akhir PBL III” di Aula Kantor Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar, Selasa 5 Juni 2022.

Kegiatan seminar akhir tersebut berlangsung mulai pukul 09.50-11.35 WITA dan dihadiri oleh Sekretaris Camat Sanrobone, Kepala Desa Sanrobone, Ketua LPM, Kepala Dusun, pihak Puskesmas Sanrobone, serta para Kader Desa Sanrobone.

Kegiatan ini di awali dengan laporan Koordinator Desa yaitu Karmila Wahyuni dan dilanjutkan dengan sambutan Aparatur Desa Sanrobone.

- Iklan -

Selanjutnya anggota Posko 30 memaparkan terkait dengan hasil evaluasi intervensi fisik dan non fisik yang telah dilaksanakan di Desa Sanrobone.

Baca Juga:  Pembukaan dan Technical Meeting II PMP-OMK XXVII: LPM Penalaran UNM Dorong Generasi Inisiatif dan Kolaboratif

Pada seminar akhir ini mahasiswa memaparkan hasil evaluasi yang telah dilakukan selama 2 minggu di Desa Sanrobone.

Berikut hasil evaluasi intervensi fisik yang telah dilaksanakan yaitu rekonstruksi program dengan pemasangan poster mengenai pemilahan sampah pada Posyandu setiap Dusun di Desa Sanrobone;

- Iklan -

Serta pemasangan infografis mengenai alur pendaftaran BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN pada Posyandu setiap Dusun di Desa Sanrobone sebagai keberlanjutan program.

Sementara hasil intervensi non fisik yang telah dilaksanakan yaitu evaluasi penyuluhan antisipasi hoax vaksin Covid-19, evaluasi penyuluhan pemilahan sampah, serta evaluasi penyuluhan penggunaan aplikasi Mobile JKN.

Berdasarkan hasil evaluasi semua program intervensi telah mencapai indikator keberhasilan.

- Iklan -
Baca Juga:  HMJ-EI UIN Alauddin Makassar Bersemangat Tutup Pekan Ilmiah dan Olahraga

Pada saat sesi diskusi seminar akhir berlangsung, Ketua LPM Sanrobone memberikan saran bahwa yang menjadi contoh bagi masyarakat adalah aparat-aparat desa maupun tokoh-tokoh yang hadir di seminar, sehingga setelah mahasiswa PBL FKM Unhas telah pulang, program-program yang sebelumnya telah diberikan tetap berlanjut terutama bagi kader-kader yang telah diberi penyuluhan.

Adapun anggota dari Posko 30 Sanrobone yakni Auliya Nurazizah, Novena Maylania, Nur Afifah Irwan, Yunifitriyani, Nur Hilmi Dwiadirah, Karmila Wahyuni, dan Fikri Maulana.

Diharapkan program intervensi yang telah dilakukan oleh Mahasiswa Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) III Posko 30 Sanrobone dapat bermanfaat dan bagi masyarakat di Desa Sanrobone Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU