Gabung Manchester City, Akankah STY Panggil Gabriel Han Willhoft-King

Shin Tae-yong berencana untuk memanggil Gabriel Han Willhoft-King ke Timnas Indonesia setelah bergabung dengan Manchester City? PSSI diharapkan segera mempercepat proses naturalisasi gelandang berusia 18 tahun tersebut untuk mengamankan kedatangannya.

Jika terlambat, Gabriel Han Willhoft-King bisa direkrut oleh Timnas Inggris yang sedang mencari pemain berbakat untuk skuad mereka. Gabriel hampir bergabung dengan Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023.

Gabriel Han Willhoft-King adalah salah satu dari empat pemain diaspora yang direncanakan untuk memperkuat tim yang dilatih oleh Bima Sakti di Piala Dunia U-17 2023 yang diselenggarakan di Indonesia. Selain Gabriel Han Willhoft-King, ada tiga pemain lain yang sama-sama dipersiapkan, yaitu Chow Yun Damanik, Welber Jardim, dan Amar Brkic.

- Iklan -
Baca Juga:  EURO 2024, Belanda Sudah Rencanakan Perayaan Juara

Akhirnya, hanya Welber Jardim dan Amar Brkic yang dapat memperkuat Timnas Indonesia U-17 karena keduanya memiliki kewarganegaraan Indonesia. Sementara itu, Gabriel Han Willhoft-King dan Chow Yun Damanik tidak dapat bergabung dengan skuad Garuda Asia karena harus melalui proses naturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Karena proses naturalisasi memakan waktu yang panjang, sedangkan Piala Dunia U-17 2023 sudah semakin dekat, Gabriel Han Willhoft-King dan Chow Yun Damanik tidak dapat dilanjutkan dalam proses seleksi.

“Kalau memang perlu naturalisasi, ya naturalisasi,” kata pelatih Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023, Bima Sakti di Jakarta, pada Selasa 15 Agustus 2023.

- Iklan -

“Cuma itu (proses naturalisasi) bisa enggak prosesnya sampai November. Itu sudah mepet,” lanjut Bima Sakti.

Baca Juga:  Transformasi Timnas Indonesia U20 Jadi Tim yang Tangguh

Hampir setahun setelah pernyataan Bima Sakti, kabar mengejutkan datang mengenai Gabriel Han Willhoft-King. Menurut laporan dari jurnalis Italia Fabrizio Romano, Gabriel Han Willhoft-King telah direkrut oleh Manchester City untuk bergabung dengan tim U-19 mereka.

“Manchester City setuju mendatangkan gelandang kelahiran 2006 dengan talenta luar biasa untuk tim U-19. Gabriel Han Willhoft-King meninggalkan Tottenham beberapa minggu lalu dan ia gabung Manchester City dengan kontrak selama dua tahun.”

- Iklan -

Gabriel Han Willhoft-King hampir pasti akan segera bermain bersama tim senior Manchester City. Oleh karena itu, Shin Tae-yong siap untuk mendorong PSSI agar segera memproses naturalisasi pemain ini. (*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU