4 Cara Simpan Permanen Akun LTMPT buat Daftar SNMPTN, Yuk Cek!

FAJAR Pendidikan

Jadwal Simpan Permanen akun LTMPT siswa akan dimulai tanggal 8 Februari 2022 pukul 15.00 WIB sampai 15 Februari 2022 atau setelah sekolah menyelesaikan finalisasi data PDSS pada akun sekolah, seperti dikutip dari akun Instagram resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Minggu (6/2/2022).

Berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum Simpan Permanen.

4 Hal Sebelum Simpan Permanen Akun LTMPT

1. Melakukan registrasi akun LTMPT

Registrasi Akun LTMPT dapat dilakukan secara mandiri oleh siswa calon peserta SNMPTN 2022 melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id mulai tanggal 4 Januari – 15 Februari 2022.

Sementara itu, jadwal daftar akun LTMPT untuk siswa lulusan 2020, 2021, dan 2022 yang ingin ikut UTBK SBMPTN 2022 dibuka tanggal 14 Februari – 17 Maret 2022.

2. Mencatat email dan password akun LTMPT

Akun LTMPT diperlukan untuk melakukan semua proses pendaftaran SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2022 di portal hingga dinyatakan sebagai mahasiswa melalui kedua jalur masuk ini. Akun LTMPT siswa akan ditangguhkan selama 15 menit jika salah password lebih dari 5 kali, seperti dikutip dari laman Halo LTMPT.

Jika lupa password akun LTMPT, klik menu Lupa Password untuk reset password akun LTMPT. Sementara itu, jika lupa email akun LTMPT, kirim tiket ke halo.ltmpt.ac.id.

Syarat pengurusan lupa email LTMPT yaitu Nama Lengkap, NISN, NPSN, NIK, Alamat Lengkap, Tempat-Tanggal Lahir, surat pernyataan pribadi dengan kop surat sekolah resmi dan materai, serta surat keterangan dengan kop resmi dari sekolah dengan tanda tangan serta stempel basah sekolah.

Nah, agar tidak perlu mengurus lupa email hingga ke sekolah, pastikan kamu mencatat email dan password akun LTMPT dengan benar, ya.

3. Mengunggah foto sesuai ketentuan

Ketentuan foto akun LTMPT yaitu:

– Foto berukuran 4X6, resolusi minimal 200 px X 300 px (kurang lebih 250 dpl), dengan rasio 2:3
– Foto wajib berwarna dan latar belakangnya polos, boleh warna apa saja
– Format file wajib JPG/JPEG/PNG
– Maksimal berukuran 300 KB
– Pasfoto orientasi portrait atau vertikal
– Badan dan kepala harus tegak sejajar menghadap kamera
– Kualitas foto wajib tajam dan fokus
– Foto di bagian kepala tidak boleh ada yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi ornamen
– Foto kepala tepat di tengah secara horizontal, sehingga jarak antara kepala dengan batas kiri dan batas kanan kira-kira sama.
Baca juga:
KIP Kuliah 2022 Dibuka: Besar Dana untuk Mahasiswa, Cara Daftar, dan Jadwal

4. Mencermati data dalam akun LTMPT siswa

Sebelum Simpan Permanen akun LTMPT siswa, kesalahan atau perbedaan mengenai data NISN atau data siswa lainnya dapat diperbaiki dengan mengontak pihak sekolah. Sementara itu, perbaikan data alamat atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) dapat dilakukan pada saat telah diterima di PTN.

Khusus peserta jalur KIP Kuliah, perbaiki NIK sebelum Simpan Permanen. Perbaikan NIK dapat menggunakan layanan Dukcapil.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI