Gambar Daur Hidup Kupu-Kupu dan Proses Metamorfosisnya

Kupu-kupu ini memiliki proses hidup yang sempurna berawal dari telur, ulat (larva), kepompong (pupa), dan kupu-kupu dewasa (imago).

FAJAR Pendidikan

Metamorfosis adalah proses perkembangan makhluk hidup (hewan) yang merubah penampilan setelah penetasan. Kupukupu melalui metamorfosis sempurna, mulai dari telur, ulat, pupa (kepompong), sampai wujud sempurna.  Berikut Gambar Daur Hidup Kupu-Kupu.

Daur Hidup Kupu-Kupu

Gambar Daur Hidup Kupu-Kupu
Gambar Daur Hidup Kupu-Kupu

Kupu-kupu sendiri mengalami bentuk metamorfosis sempurna, dimana semua tahap metamorfosis dijalani. Mulai dari telur, menjadi ulat, menjadi kepompong, dan akhirnya mencapai wujud sempurna kupu-kupu.

Sementara beberapa serangga atau hewan lain justru mengalami metamorfosis tidak sempurna, yang tahapannya sedikit berbeda. Tahapnya mulai dari telur, nimfa, lalu menjadi serangga dewasa.

Gambar Daur Hidup Kupu-Kupu
Gambar Daur Hidup Kupu-Kupu

1. Telur

Kupu-kupu meletakan telurnya pada tanaman inang pada tangkai, daun, atau bagian lain untuk makanan ulat nantinya. Bentuk dan warna telur berbeda dengan jumlah yang bervariasi. Beberapa spesies kupu-kupu saat bertelur bisa dihitung jari dan ada yang mencapai ratusan dalam hidupnya.

Jumlah telur kupu-kupu betina ini menetukan kelestarian, selain itu faktor pemangsa juga mempengaruhi jumlah telur yang bisa berproses sampai jadi kupu-kupu. Untuk menetas telur memerlukan waktu 3-5 hari.

BACA JUGA :   Gambar Teori Atom Dalton: Kelebihan, Kelemahan & Konsep

2. Ulat (Larva)

Tahap selanjutnya telur akan menetas menjadi ulat. Ditahap ini akan mengalami perubahan fase makan yang intensif untuk menunjang kehidupan selanjutnya. Secara morfologi ulat terbagi menjadi 3 bagian, Thorax, Chepal, dan Abdomen. Pada bagian Chepal ada organ mulut dan mata. Thorax terdiri atas 3 pasang kaki pendek dan 4 pasang kaki semu.

Perbedaan warna larva ulat ini untuk menghindari pemangsa. Warna yang mencolok memberikan signal bahwa mereka beracun. Selain itu adanya bulu atau duri untuk melindungi diri.

Masa hidup larva ini hanya diisi dengan makan sepuasnya untuk berkembang dan bertahan di masa selanjutnya. Fase ini dilalui larva selam 1-1,5 bulan. Pada saat ini ulat akan mengalami pergantian kulit sebanyak 4-6 kali yang disebut Instar.

3. Kepompong

Setelah tumbuh maksimal larva akan mengalami masa berpuasa atau menjadi kepompong selama 2 minggu. Larva yang siap menuju masa ini memiliki kelenjar sutra yang akan membungkusnya dibagian pohon.

BACA JUGA :   Contoh soal Kerucut, Rumus Luas Lengkap Pejelasannya

Didalam masa krisalis larva akan diam membentuk kupu-kupu dewasa saat keluar dari kepompong. Warna pupa akan menyerupai keadaan sekitar sebagai upaya perlindungan diri. Pada masa ini pupa sering kali terserang parasit yang akhirnya mati tidak menjadi kupu-kupu.

4. Kupu-Kupu Dewasa

Untuk lolos dari kepompong menjadi kupu-kupu dibutuhkan faktor kelembapan, suhu, dan cahaya matahari. Ditandai dengan terbentuknya spirakel atau ventilasi pada kepompong memberikan tanda berakhirnya masa kepompong. Udara yang masuk akan membantu cangkang kepompong terbuka tepat di belakang kepala kepompong.

Kupu-kupu akan keluar dari kepompong saat matahari terbit atau siang hari. Sinar matahari akan membantu mengeringkan sayap kupu-kupu. Setelah keluar kupu-kupu akan berdiam sesaat untuk memompa darah pada sayapnya.

Itulah tahapan metamorfosis kupu-kupu yang sempurna. Kupu-kupu dewasa akan terbang mencari nektar bunga dan melanjutkan keturunan. Usia kupu-kupu dewasa bisa mencapai 1-2 minggu.

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA