Gandeng Angkatan 2021, Prodi PBI UINAM Sukses Gelar Seminar Nasional Kedua

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar kembali menorehkan prestasi dengan sukses menggelar Seminar Nasional untuk kedua kalinya.
Seminar ini bertajuk “The Second National Seminar on English Language Teaching (NELT 2024)” dengan tema “New Trends in ELT for EFL Learners.”

Acara ini berlangsung secara hybrid, memanfaatkan Zoom Meeting dan Live Streaming YouTube bagi peserta daring, serta di Ruang Lecture Theater (LT) Barat FTK untuk peserta luring pada Sabtu, 29 Juni 2024. Seminar tersebut menampilkan empat narasumber terkemuka.

Hasanuddin, S.Pd.I., M.Hum., M.Sc. dari Institut Parahikma Indonesia, Dr. Ika Rama Suhandra, M.Pd. dari UIN Mataram, Dr. Andi Nurwati, S.S., M.Pd. dari IAIN Sultan Amal Gorontalo, dan Dr. Kaharuddin, S.IP., M.Hum. dari UIN Alauddin Makassar.

Gandeng Angkatan 2021, Prodi PBI UINAM Sukses Gelar Seminar Nasional Kedua
Gandeng Angkatan 2021, Prodi PBI UINAM Sukses Gelar Seminar Nasional Kedua

Selain itu, seminar ini merupakan wujud implementasi dari Memorandum of Agreement (MoA) antara Prodi PBI UIN Alauddin Makassar dengan ketiga universitas tersebut. Lebih dari 200 peserta hadir, baik secara langsung di kampus maupun melalui Zoom.

- Iklan -

Dalam sambutannya, Ketua Panitia NELT 2024, Ismail Mubarak, menyebutkan bahwa peserta dan presenter seminar ini berasal dari berbagai institusi di Indonesia.

Baca Juga:  HMJ-EI UIN Alauddin Makassar Bersemangat Tutup Pekan Ilmiah dan Olahraga

Terdiri dari UIN Alauddin Makassar, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Antasari Banjarmasin, Universitas Mulawarman, Institut Parahikma Indonesia, Universitas Negeri Makassar, UIN Mataram, Universitas Sebelas Maret, STAIN Majene, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Institut Teknologi Del, dan STKIP Bina Insan Mandiri.

“Jumlah makalah yang dipresentasikan pada parallel session sebanyak 76, terdiri dari 47 makalah dari UIN Alauddin Makassar dan 29 makalah dari afiliasi lain,” jelas mahasiswa kelas A angkatan 2021 ini.

- Iklan -

Seminar ini diawali dengan penampilan tari paduppa, dilanjutkan dengan pembukaan resmi yang mencakup pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya, sambutan Ketua Panitia, sambutan Dekan FTK yang sekaligus membuka acara secara resmi, serta pembacaan doa.

Setelah itu, acara utama dimulai dengan sesi keynote, di mana para pembicara utama mempresentasikan makalah mereka dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi parallel dari pukul 13.30 hingga 15.30 WITA, di mana presenter terbagi ke dalam beberapa ruangan kecil. Terdapat lima ruangan untuk presenter offline dan tiga ruangan untuk presenter online.

- Iklan -
Baca Juga:  GenBI Komisariat UNM Periode 2024/2025 Gelar Rapat Kerja Secara Hybrid

Makalah yang telah dipresentasikan akan diterbitkan dalam proceeding melalui Open Conference System (OCS). Selain itu, lima makalah terbaik akan dipilih untuk diterbitkan di jurnal “English Language, Linguistics, and Culture International” (ELSTIC) dan “English Language Teaching for EFL Learners” (ELTIES).

Seminar ini berjalan lancar dan mendapat apresiasi tinggi, salah satunya dari keynote speaker, Dr. Andi Nurwati, S.S., M.Pd. “Kegiatannya sangat keren. Semoga tahun depan mahasiswa kami bisa ikut terlibat dalam penyelenggaraan event ini,” ungkap Ketua Jurusan Tadris Bahasa Inggris IAIN Sultan Amal Gorontalo ini.

Acara ini juga merupakan bagian dari praktek Mata Kuliah “Seminar on ELT” yang ditawarkan di semester 6, di mana mahasiswa PBI angkatan 2021 yang memprogramkan mata kuliah tersebut berperan sebagai panitia. Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa tentang pelaksanaan seminar berskala nasional serta mempersiapkan mereka sebagai pemakalah di forum ilmiah.

The First NELT diadakan pertama kali pada tahun 2023 dengan melibatkan mahasiswa angkatan 2023, dan sejak saat itu seminar ini menjadi agenda tahunan Prodi PBI UIN Alauddin Makassar.

Penulis: Multazam Abubakar

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU