Gelar Ujian Sekolah di Masa Pandemi Covid-19, SMP IT Al Fatih Padukan Sistem e-Learning dan Zoom Meeting

FAJAR Pendidikan

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Gelar Ujian Sekolah di Masa Pandemi Covid-19, SMP IT Al Fatih padukan Sistem e-Learning dan Zoom Meeting

Sesuai Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Al Fatih Makassar mengadakan ujian sekolah sebagai bentuk evaluasi pembelajaran Peserta Didik kelas IX, merebaknya pandemi Covid-19 mengharuskan pihak sekolah mengadakan Learning from Home sehingga ujian sekolah dilaksanakan secara jarak jauh dengan menggunakan sistem daring melalui E-Learning Al Fatih.

Ujian sekolah dilaksanakan selama 5 hari mulai Senin (13/04) hingga Jum’at (17/04) dengan mata ujian sebanyak 10 mata pelajaran yang merupakan kelompok mata pelajaran A dan B. Peserta ujian yang nantinya akan mengikuti USBK secara jarak jauh ini.

Andi Agus selaku Kepala SMP IT Al Fatih sesuai arahan Yayasan memberlakukan sistem ujian tersebut setelah melihat kondisi Learning from Home yang telah berjalan sebelumnya.

“InsyaAllah pihak sekolah selaku panitia USBK dan Ananda siap mengikuti ujian daring ini karena proses belajar jarak jauh yang selama beberapa pekan terakhir dilaksanakan pun bisa berjalan dengan baik. Kondisi ini menjadi modal bagi kami untuk menggelar ujian sekolah secara online,” jelasnya lebih lanjut.

Meskipun dilaksanakan di rumah masing-masing, pengawasan dan pemantauan ujian oleh pihak sekolah tetap dilakukan melalui Zoom Cloud Meeting. Dalam room tersebut akan bergabung proktor dan teknisi selaku panitia Ujian, Pengawas Ujian juga Kepala Sekolah yang memantau ujian yang diikuti oleh peserta ujian.

Setiap 15 menit sebelum waktu ujian dimulai, proktor ujian sudah mengirimkan link untuk bergabung dalam Zoom Meeting, terang Ika Puspita selaku Kurikulum

Selanjutnya pengawas akan memberi arahan kepada Ananda untuk berdoa terlebih dahulu lalu kemudian mengerjakan soal. Audio dan video Zoom peserta ujian selalu diaktifkan selama mengikuti ujian, tambahnya lebih lanjut.

Kepala SMP IT Al Fatih berharap kepada seluruh peserta didik untuk tetap mengutamakan kejujuran dalam mengikuti ujian meskipun dilaksanakan secara jarak jauh dari rumah masing-masing. Harapannya Ananda-Anandaku semua dapat mengikuti ujian dengan baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan, harapnya.

23 peserta ujian ini nantinya menjadi lulusan angkatan pertama bagi sekolah kami, tambahnya. (WLD)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI