Saturday, August 15, 2020

Di Laut Makassar, Unsur TNI AL BKO Guspurla Koarmada II KRI DPN-365 Dan Pesud TNI AU Boeing 737-200 Laksanakan Kersamtis

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Unsur TNI AL BKO Guspurla Koarmada II yaitu KRI Diponegoro (DPN)-365 dan unsur TNI AU Koopsau II yaitu Pesawat Udara (Pesud) Boeing 737-200 melaksanakan Kerja Sama Taktis (Kersamtis), Senin (06/07/2020).

Kersamtis tersebut dilaksanakan di dua tempat yaitu di atas KRI DPN-365 yang dipantau langsung oleh Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo, M.Tr. (Han), CHRMP dan di Makoopsau II yang dihadiri oleh Asops Pangkoopsau II Kolonel PNB Eko sujatmiko.

Danguspurla Koarmada II mengatakan kegiatan ini dalam rangka mewujudkan personel pengawak yang profesional serta berkualitas, oleh karena itu maka perlu diselenggarakan latihan kerja sama taktis antara unsur KRI dan Pesawat Udara milik TNI AU.

Menurutnya, rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan awak KRI DPN-365 serta interintegrasi kerja sama taktis antara KRI dan Pesud dalam pelaksanaan tugas-tugas operasional.

“Kerja sama antara KRI dan Pesawat Udara harus selalu terjalin secara optimal guna pencapaian tugas pokok TNI AL selaku komponen utama garda terdepan pertahanan negara di laut dan Pesawat Udara TNI AU sebagai garda terdepan komponen pertahanan di udara”, ujarnya.

Laksma TNI Rahmat Eko menambahkan, aspek yang mendorong dilaksanakannya latihan ini adalah belajar dari pengalaman sejarah dimana peran pesawat udara dalam operasi laut mulai terbukti keampuhannya dalam peristiwa penting pada perang Pasifik, tepatnya di pertempuran Midway pada tahun 1942.

Saat itu, kekuatan armada angkatan laut Amerika Serikat dan Jepang tidak pernah bertemu atau saling berhadapan. “Kerugian yang sangat besar dialami oleh angkatan laut Jepang dengan tenggelamnya armada kapal induk mereka. Akibat serangan udara yang dilakukaan oleh pesawat-pesawat tempur yang berpangkalan di kapal induk Amerika Serikat,” ungkapnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini Asops Danguspurla II Kolonel Laut (P) Henry Ballo, Asrena Pangkoopsau II Kolonel PNB Atang sudrajat, Askomlek Pangkoopsau II Kol LEK Sudirman harun dan Komandan KRI DPN-365 Letkol Laut (P) Lewis Nainggolan.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Semarakkan Hari Kemerdekaan, Lantamal VI Tayangkan Ucapan HUT Ke-75 RI Tahun 2020 Di TV Tron

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dalam rangka HUT Ke-75 kemerdekaan RI Tahun 2020 pada 17 Agustus 2020 nanti, Lantamal VI menyemarakkan Kegiatan Tahunan ini...

SMP Islam Athirah 1 Makassar Uji Kreativitas Peserta Didik Melalui Lomba

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kegiatan Muharram dan Semarak Kemerdekaan di SMP Islam Athirah 1 Makassar diadakan secara virtual. Dua kegiatan itu untuk pertama kalinya...

Memperingati Hari Pramuka, Murid SDN Borong Kerja Bakti di Rumah

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - "Perkenalkan, nama saya Nur Aliah Suci Ramadhani dari kelas 4B, SD Negeri Borong. Saya akan melakukan kegiatan menyapu, menyiram...

Sambut HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020, Lantamal VI Gelar Zikir Bersama

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dalam rangka menyambut peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) menggelar acara...

OPINI : Sekolah Tatap Muka Antara Harapan dan Minimnya Persiapan

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pandemi Covid-19 saat ini masih belum usai, selama hampir 4 bulan lebih Indonesia Lockdown yang berarti segala aktivitas seperti sekolah,...

REKOMENDASI