Hak Muslim Atas Muslim Yang Lain

FAJAR Pendidikan

Fajarpendidikan.co.id – Adab dan akhlak sorang atas orang lain sering kali dilupakan dan tidak diperhatikan oleh masing-masing manusia. Padahal islam telah memberikan petunjuk sebaik-baik akhlak dalam memperlakukan orang lain.

Padahal Islam mengatur hal-hal yang berkaitan dengan hubungan sosial antara sesama manusia (hablum-minannas).


Dalam Kitab Al Jami’ Abu Hurairah RA, ia berkata sabda  Rasulullah Shallalahu Alaihi Wasallam  : “Hak Muslim kepada muslim yang lain ada 6, yaitu:


Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya
Dalam penjelasan ini yaitu, jika kita bertemu saudara kita maka ucapkanlah Assalamu ‘Alaikum Warahmatullahi wabarakatuh dan bersalaman atas sesama muslim maupun muslimah.

Para ulama bersepakat bahwa mengucap salam ketika berjumpa dengan orang lain hukumnya sunah, sedangkan menjawab salam hukumnya wajib


Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya
Apabila kita di undang oleh saudara kita, maka penuhilah. Seperti halnya ketika di undang ke pesta pernikahan saudara kita. Sempatkan dan berikan waktu untuk memenuhi undangan tersebut.

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Jumat 24 Juni 2022: Perumpamaan Domba yang Hilang


Apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya
Seperti halnya meringankan beban saudara dengan berbagi cerita,  memberinya nasehat atau arahan saat iya dalam keadaan tidak tahu arah. Jika kamu tahu maka nasehatilah dan berilah iya nasehat terbaik dan yang sebenar-benarnya.


Apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucapkan Alhamdulillah), doakanlah dia (dengan mengucapkan Yarhamukallah)
Disebutkan dalam riwayat Imam Bukhari dan Muslim bahwa Nabi saw bersabda, “Jika salah satu dari kalian bersin, maka hendaknya ia mengucapkan Alhamdulillah, dan hendaknya saudaranya mengucapkan kepadanya yarhamukallah (semoga Allah merahmatimu), dan hendaknya ia (yang bersin) mendoakan (pula) yahdikumullah wa yuslihu balakum (semoga Allah memberikan petunjuk kepadamu dan memperbaiki keadaanmu).”

Saling mendoakan dalam kebaikan sebagaimana saat saudara kita bersin maka ucapkanlah doa kepadanya. Karena ketika bersin ada penyakit yang keluar dari tubuhnya, sehingga kita mendoakannya saat iya mengucapkan Alhamdulillah. Dan doakan dengan mengucapkan Yarhamukallah.

BACA JUGA :   Pohon Ini Dapat Menangkal Santet dan Mengusir Setan, Kata Ustaz Khalid Basalamah


Apabila dia sakit, jenguklah dia
Menjenguk orang sakit adalah amalan yang sangat baik dalam hidup ini. Menurut Imam Nawawi menjenguk orang sakit hukumnya adalah sunah. Hikmahnya adalah bahwa perbuatan ini termasuk suatu bentuk empati yang tinggi, bahwa sesama muslim harus saling membantu dan menguatkan satu dengan lainnya


Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman). (HR.Muslim)
Ketika ada orang lain yang meninggal, maka fardu kifayah bagi yang masih hidup untuk mengurus jenazahnya mulai dari memandikan, menyalatkan, sampai menguburkannya.

Wallahu a’lam.

Serta Syeikh Ahmad Al-Mishry mengutip hadits Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam dalam Kitab Shahih Bukhari dan Muslim bahwa ada 5 kewajiban muslim, yaitu:

  • Menjawab salam.
  • Menjenguk orang sakit.
  • Mengantar jenazah.
  • Memenuhi undangan.
  • Mendoakan yang bersin.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI