Sunday, September 20, 2020

Hidroponik Makin Canggih dan Menjanjikan

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kondisi lingkungan saat ini sudah tidak sama lagi dengan kondisi beberapa puluh tahun yang lalu. Salah satu sektor yang terdampak dari adanya perubahan tersebut adalah pertanian. Kini, di tengah kondisi lingkungan yang kekurangan lahan untuk bertani dan berkebun, masyarakat terus berinovasi untuk memperoleh hasil budi daya yang optimal.

Salah satu cara paling populer yang dipilih oleh masyarakat adalah dengan melakukan budi daya hidroponik. Metode hidroponik ini tidak hanya memudahkan dalam bercocok tanamnya saja, melainkan juga menjanjikan untuk dapat dipasarkan dan diterima oleh masyarakat luas.
Lantas, apa yang menjanjikan tanaman hidroponik ini bisa dikembangkan oleh masyarakat? Berikut penjelasannya.

Masih banyak orang yang belum tahu hidroponik
Tidak sedikit masyarakat pertanian yang belum mengetahui apa itu tanaman hidroponik. Meskipun sudah ada yang mengetahuinya, beberapa diantaranya pun masih meragukan akan perkembangan dan keberhasilan dari tanaman hidroponik tersebut.

Kebanyakan masyarakat petani hanya mengetahui dan memahami bahwa tanaman hanya akan tumbuh subur jika ditanam menggunakan media tanah. Padahal pemahaman tersebut tentu saja salah, karena tanaman dapat tumbuh dengan baik meski tanpa media tanah sekaligus, contoh yang sudah nyata adalah hidroponik.

“Hidroponik adalah teknologi bercocok tanam yang mengutamakan penggunaan air sebagai media tanam utamanya, disamping tetap membutuhkan keberadaan oksigen dan tambahan nutrisi. Nutrisi diperoleh dari pemberian pupuk cair sehingga akan terus tersedia untuk diserap akar. Jika media tanamannya sudah mulai jenuh, hanya perlu disaring dan diperbarui,” kata Salman, ketua Kelompok Tani Punggawa Tanetea kabupaten Gowa saat ditemui FAJAR PENDIDIKAN Minggu 2 Agustus 2020.

Solusi bercocok tanam di lahan sempit atau perkotaan
Kondisi tanah di Indonesia tidak semuanya memiliki tingkat kesuburan yang sama, ada beberapa daerah yang mengalami kesulitan ketika akan ditanami tanaman tertentu. Oleh karenanya, adanya metode hidroponik ini dapat digunakan sebagai solusi untuk budi daya tanaman dengan memanfaatkan air sebagai media tanam untuk pertumbuhannya.

“Sistem hidroponik ini sangat cocok dijadikan solusi bagi wilayah yang kondisi tanahnya kurang subur atau lahannya terlalu sempit untuk bercocok tanam,” jelas Salman.

Banyak kelebihannya
Proses pembudidayaan tanaman menggunakan metode hidroponik memiliki banyak kelebihan. Meskipun media utamanya air, pengemasan yang tertutup dan rapi membuat air tidak gampang menguap.
”Selain itu, dengan penyerapan air dan nutrisi (dalam larutan) yang optimal, tanaman hidroponik dapat tumbuh 30-50 persen menjadi lebih cepat, karena tidak ada nutrisi terbuang dan penyaringannya mudah sehingga metode ini lebih menghemat biaya, mudah, dan efisien dalam banyak hal,“ ujar Ardiansyah penjaga kebun Kelompok Tani Punggawa Tanetea.

Kelompok Tani Punggawa Tanetea membuat alat untuk memonitor pH dan suhu air yang dinamakan HIDROPONIX. Kelebihan mesin ini adalah kegiatan monitoring tersebut bisa menggunakan aplikasi di smartphone, yang bisa tetap digunakan dari tempat lainnya misalnya saat cuaca tidak memungkinkan. Ini akan sangat memudahkan para petani hidroponik di semua daerah di Indonesia.

“Alat Hidroponix ini guna memonitoring pH dan suhu Air pada hidroponik, jadi dimanapun kita berada kita bisa memantau tanaman hidroponik dari jarak jauh dengan menggunakan smartphone,” jelasnya. (AHD)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Awali Kepengurusan, LD Al-‘Aafiyah FKM Unhas Gelar Daurah Pengurus

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Lembaga Dakwah Al-'Aafiyah FKM Unhas melaksanakan daurah pengurus pada hari sabtu, 19 September 2020. Kegiatan ini dilaksanakan melalui  zoom cloud...

Kapolres Barru Serukan Pilkada Damai 2020, Di Takkalasi

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Barru AKBP Welly Abdillah, menyerukan Pemilukada Damai, saat menggelar kegiatan Sosialisasi Pilkada Damai 2020 dan...

Danyonmarhanlan VI Hadiri Rakor Pemilu dan Peningkatan Disiplin Protokol Kesehatan Pemkot Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Batalion Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Danyonmarhanlan VI) Letnan Kolonel Marinir Gigih Catur Pramono, S.H, M.T.r. Opsla menghadiri Rapat...

Sekolah Islam Athirah Berikan Penghargaan Guru dan Karyawan Berprestasi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah kembali memberikan apresiasi kepada guru dan karyawan berprestasi. Pengumuman apresiasi bertajuk Human Capital Award 2020 itu dilaksanakan...

Luar Biasa, Guru TK Islam Athirah 2 ini Raih Penghargaan The Best Teacher

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah (SIA) menggelar kegiatan forum jumat pada hari Jumat, 18 September 2020. Kegiatan forum jumat kali ini berbeda...

REKOMENDASI