Hindari! 5 Kebiasaan Ini Dapat Memicu Sariawan

Meskipun sering kali dialami oleh banyak orang, penyebab sariawan seringkali masih membingungkan bagi sebagian besar orang. Namun, ternyata ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat memicu sariawan. Berikut adalah penjelasannya.

Ternyata, sariawan tidak hanya disebabkan oleh cedera atau kebetulan saat menggigit bagian dalam pipi.

Beberapa kebiasaan lain yang mungkin tidak Anda sadari juga bisa menjadi penyebab sariawan. Berikut beberapa di antaranya.

- Iklan -

1. Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Asam dan Pedas

Tahukah Anda bahwa makanan asam dapat menjadi pemicu sariawan? Meskipun sebagian makanan asam kaya akan vitamin C dan mendukung sistem kekebalan tubuh, namun beberapa jenis makanan asam tertentu dapat memicu timbulnya sariawan.

Makanan yang tinggi akan asam, seperti buah-buahan, dapat mengiritasi jaringan lunak di dalam mulut. Kandungan asam dalam buah-buahan tersebut bisa memicu atau memperburuk kondisi sariawan yang sudah ada.

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari beberapa jenis makanan asam, seperti buah jeruk, lemon, limau, dan nanas. Selain itu, sebaiknya juga mengurangi konsumsi makanan pedas, karena dapat mengiritasi jaringan lunak di dalam mulut.

- Iklan -
Baca Juga:  4 Metode Hilangkan Flek Hitam di Wajah

2. Sering Konsumsi Kopi

Ternyata, tidak banyak yang menyadari bahwa kopi dapat menjadi penyebab sariawan di dalam mulut. Ini tidak tanpa alasan, karena kopi mengandung tingkat asam salisilat yang tinggi, yang dapat mengiritasi area dalam mulut seperti gusi, pipi, dan lidah.

Selain itu, penting untuk dicatat bahwa kopi termasuk dalam jenis minuman diuretik. Ini berarti, minuman ini mengandung kafein yang dapat merangsang produksi urin lebih banyak. Dampaknya, Anda menjadi lebih rentan mengalami dehidrasi yang akan memperparah kondisi sariawan.

3. Sikat Gigi Terlalu Keras

Meskipun terlihat sepele, kebiasaan menyikat gigi juga perlu diperhatikan untuk menghindari risiko sariawan.

- Iklan -

Menyikat gigi terlalu keras merupakan salah satu penyebab munculnya sariawan. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan melukai gusi dan permukaan dinding di dalam rongga mulut saat menyikat gigi dengan keras.

Selain itu, penggunaan sikat gigi dengan bulu sikat yang kasar juga dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan pada dinding mulut, yang dapat menyebabkan luka dan akhirnya memicu munculnya sariawan.

Tak hanya itu, kebiasaan menggigit bibir juga dapat mengakibatkan gesekan berlebihan dan trauma pada jaringan di area tersebut. Akibatnya, bibir dapat menjadi lecet dan sariawan pun muncul.

Baca Juga:  Penuaan Dini, Kenali Tanda-tandanya

4. Kurang Jaga Kebersihan Mulut

Meskipun terlihat sepele, kebiasaan menyikat gigi perlu diperhatikan untuk menghindari risiko sariawan.

Menyikat gigi terlalu keras merupakan salah satu pemicu munculnya sariawan. Hal ini disebabkan oleh potensi melukai gusi dan permukaan dinding di dalam rongga mulut saat menyikat gigi dengan keras.

Selain itu, penggunaan sikat gigi dengan bulu sikat yang kasar juga bisa mengakibatkan gesekan berlebihan pada dinding mulut, yang dapat menyebabkan luka dan pada akhirnya memicu munculnya sariawan.

Tak hanya itu, kebiasaan menggigit bibir juga dapat menyebabkan gesekan berlebihan dan trauma pada jaringan di area tersebut. Akibatnya, bibir dapat menjadi lecet dan sariawan pun muncul.

5. Jarang Konsumsi Makanan Bervitamin

Untuk menjaga kesehatan tubuh, penting untuk memastikan asupan nutrisi yang mencukupi, mulai dari vitamin A hingga vitamin B12.

Kekurangan vitamin dalam tubuh dapat menjadi penyebab sariawan. Selain itu, defisiensi vitamin juga dapat memperlambat proses penyembuhan. (*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU