Friday, June 5, 2020

Ibunda Presiden Jokowi Tutup Usia

- Advertisement -

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, sang ibunda Sujiatmi Notomiharjo, meninggal dunia di rumah sakit Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB setelah menjalani perawatan karena sakit kanker.

Hal itu disampaikan Jokowi di rumah duka Jalan Pleret Raya Nomor 9 A Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/3/2020).

“Beliau sudah lama sakit kanker tenggorokan,” pertegas Staf Khusus Presiden Dini Shanti Purwono kepada wartawan.

Melansir dari situs Health Line, kanker tenggorokan adalah masalah kesehatan yang terjadi pada jaringan di sekitar belakang hidung hingga ke pita suara. Umumnya, pasien akan mengalami batuk, perubahan suara menjadi lebih serak, sulit menelan, benjolan pada leher, hingga penurunan berat badan.

Berbicara mengenai penyebab, sebagian besar penderita kanker tenggorokan memiliki gaya hidup kurang baik. Contohnya mengonsumsi minuman keras. Berbagai penelitian membuktikan bahwa minum alkohol di atas satu gelas per hari bisa meningkatkan risiko.

Selain alkohol, kanker tenggorokan juga sering mengintai perokok. Melansir dari situs Medical News Today, para peneliti dari American Cancer Society mengatakan perokok berisiko 4-10 kali lebih tinggi mati akibat kanker kerongkongan dibandingkan nonperokok.

Kondisi orang dengan penyakit bawaan gastroesophageal reflux atau GERD alias naiknya asam lambung ke kerongkongan secara abnormal juga bisa meningkatkan risiko kanker tenggorokan. Adapun, infeksi virus HPV (human papillomavirus) dan imunitas tubuh yang lemah menjadi penyebab lain. (WLD/*)

- Advertisement -

TERKINI

Jokowi Minta Sistem Pendidikan Indonesia Mencontoh Empat Negara Ini

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyadari adanya perubahan besar di bidang pendidikan dalam satu dekade mendatang. Jokowi pun ingin sistem pendidikan nasional bisa...

Danlantamal VI Mengikuti Pengarahan Kasal Melalui Vicon

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas mengikuti pengarahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana...

Yuk Saksikan Dongkelor Ceria Bersama Kak Mangga

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sobat Perpustakaan, Sabtu ini (6/6), Dongkelor atau akronim dari Dongeng Keliling Online dari Rumah yang merupakan bagian dari perluasan...

Rapat Online Persiapan Akreditasi Perpustakaan Sekolah Secara Online

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Siswanta A Attas membuka dan sekaligus memberikan arahan pada rapat online atau virtual...

REKOMENDASI