Kamis, Januari 28, 2021

Dongkelor Lolos Kriteria Inovasi Penanganan Covid-19

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dongkelor memenuhi kriteria Inovasi Penanganan Covid-19 di Indonesia yang diselenggarakan oleh Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNAS) Kemenpan RB untuk kategori pengetahuan publik dengan nomor urut direktori inovasi : 677.

Saat ini seluruh inovasi yang sesuai kriteria inovasi masuk dalam tahap evaluasi penilaian.

“Dongkelor atau akronim dari Dongeng keliling Online dari rumah lahir di tengah pandemi Covid-19. Dongkelor adalah perluasan layanan dari kegiatan inovasi Layanan Perpustakaan Keliling dan Dongeng Keliling yang dikenal dengan Dongkel Perpusling atau Dongkel with Mobile Library di Dinas Perpustakaan Kota Makassar,” jelas Tulus Wulan Juni Pustakawan Makassar.

“Sejak pandemi Covid-19, otomatis menghentikan semua kegiatan layanan Dongkel Perpusling yang selalu mendatangi sekolah dan tempat-tempat umum di Kota Makassar,” tambahnya.

Kemudian muncullah ide untuk memindahkan semua aktivitas mendongeng itu ke dunia maya sekaligus memberikan edukasi untuk mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan Covid19.

Kata Tulus, nama Dongkelor terinspirasi dari nama tumbuhan yang dipercaya bisa menangkal virus corona, yakni daun kelor.

Ide tersebut akhirnya terwujud dan edisi perdana pun diluncurkan Live bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada hari Sabtu tanggal 2 Mei 2020 di akun instagram Dongkel Perpusling. https://www.fajarpendidikan.co.id/dongkel-online-hadir-di-instagram-ayo-catat-jadwal-tayangnya/.

Episode berikutnya terus berlanjut setiap hari Sabtu dan tayang di YouTube setiap pukul 10.00 Wita.https://www.fajarpendidikan.co.id/dongkelor-kisah-persahabatan-bersama-kak-mul-dan-kak-rahma/.

“Dongkelor berhasil menghidupkan kembali detak jantung Dongkel Perpusling saat semua orang diharuskan untuk tetap di rumah saja,” katanya.

Kemasan Dongkelor berisi edukasi pencegahan Covid19 serta ajakan gemar membaca dan menikmati layanan perpustakaan digital melalui aplikasi ePustaka Kota Makassar Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Mohon dukungannya dan kunjungi program Dongkelor (Dongeng Keliling Online dari Rumah) di YouTube.

Setiap episode tayang pada hari Sabtu pukul 10.00 Wita. Jangan lupa klik Like dan Subscribe.http://www.youtube.com/channel/UC0irPKWrXrNqhzvrRGaFWnw

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Kakan Kemenag Bone Sampaikan Ini. Kasubag TU, Kamad hingga Pincab Bank Langsung Berinfaq

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone Wahyuddin Hakim menyampaikan niat baiknya untuk menginfaqkan gajinya di bulan Februari untuk...

Penyaluran BLT dan Dana Desa di Desa Madello Barru Sukses

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Setelah sukses menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun 2020 tepat waktu, kini Desa Madello kembali menyalurkan BLT-DD Tahun...

Aksi Peduli Gempa Sulbar, Desa Marioritengnga Soppeng Berbagi

Soppeng, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pengemasan bantuan untuk di berangkatkan ke Sulawesi Barat bersama Apdesi Soppeng yang insya allah pada jum’at 29 Januari 2021...

Dr H Moh Hatta Alwi Hamu Resmi di Lantik Menjadi Rektor IBK Nitro

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Institut Bisnis dan Keuangan (IBK) Nitro resmi melantik rektor baru periode 2021/2025 Dr. H. Moh Hatta Alwi Hamu. Menggantikan...

Pelaku Pencabulan Terhadap Anak di Bawah Umur Berhasil di Amankan

Wajo, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pelaku perbuatan cabul terhadap anak di bawah umur berhasil di amankan oleh tim Resmob bersama unit PPA sat Reskrim...

REKOMENDASI