Wednesday, August 5, 2020

Dongkelor Lolos Kriteria Inovasi Penanganan Covid-19

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dongkelor memenuhi kriteria Inovasi Penanganan Covid-19 di Indonesia yang diselenggarakan oleh Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNAS) Kemenpan RB untuk kategori pengetahuan publik dengan nomor urut direktori inovasi : 677.

Saat ini seluruh inovasi yang sesuai kriteria inovasi masuk dalam tahap evaluasi penilaian.

“Dongkelor atau akronim dari Dongeng keliling Online dari rumah lahir di tengah pandemi Covid-19. Dongkelor adalah perluasan layanan dari kegiatan inovasi Layanan Perpustakaan Keliling dan Dongeng Keliling yang dikenal dengan Dongkel Perpusling atau Dongkel with Mobile Library di Dinas Perpustakaan Kota Makassar,” jelas Tulus Wulan Juni Pustakawan Makassar.

“Sejak pandemi Covid-19, otomatis menghentikan semua kegiatan layanan Dongkel Perpusling yang selalu mendatangi sekolah dan tempat-tempat umum di Kota Makassar,” tambahnya.

Kemudian muncullah ide untuk memindahkan semua aktivitas mendongeng itu ke dunia maya sekaligus memberikan edukasi untuk mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan Covid19.

Kata Tulus, nama Dongkelor terinspirasi dari nama tumbuhan yang dipercaya bisa menangkal virus corona, yakni daun kelor.

Ide tersebut akhirnya terwujud dan edisi perdana pun diluncurkan Live bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada hari Sabtu tanggal 2 Mei 2020 di akun instagram Dongkel Perpusling. https://www.fajarpendidikan.co.id/dongkel-online-hadir-di-instagram-ayo-catat-jadwal-tayangnya/.

Episode berikutnya terus berlanjut setiap hari Sabtu dan tayang di YouTube setiap pukul 10.00 Wita.https://www.fajarpendidikan.co.id/dongkelor-kisah-persahabatan-bersama-kak-mul-dan-kak-rahma/.

“Dongkelor berhasil menghidupkan kembali detak jantung Dongkel Perpusling saat semua orang diharuskan untuk tetap di rumah saja,” katanya.

Kemasan Dongkelor berisi edukasi pencegahan Covid19 serta ajakan gemar membaca dan menikmati layanan perpustakaan digital melalui aplikasi ePustaka Kota Makassar Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Mohon dukungannya dan kunjungi program Dongkelor (Dongeng Keliling Online dari Rumah) di YouTube.

Setiap episode tayang pada hari Sabtu pukul 10.00 Wita. Jangan lupa klik Like dan Subscribe.http://www.youtube.com/channel/UC0irPKWrXrNqhzvrRGaFWnw

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Prof Hamdan Juhannis Apresiasi Alumni UIN Alauddin Peraih Beasiswa S2 Qatar Foundation

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Adalah Darul Ma‘arif Asry, alumni UIN Alauddin Makassar jurusan Tafsir Hadis yang meraih beasiswa S2 dari Qatar Foundation, kini Ia...

Anggota Komisi E DPRD Sulsel Lakukan Kunjungan Kerja ke Perpustakaan Nasional RI

FAJARPENDIDIKAN.co.id - 17 orang Anggota Komisi E Bidang Kesra DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dipimpin Ketuanya Ir. H. Rusdin Tabi, M. BA melakukan...

Dorong Mahasiswa Lakukan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Minta Dukungan Rektor IAIN Bone

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bone Hj Jumriah lakukan audiensi rencana Workshop terkait sosialisasi pengawasan Pemilu dengan Rektor IAIN...

Persiapan Panen Raya dan Vicon Dengan Kasal, Wadan Lantamal VI Tinjau Lahan Ketahanan Pangan Karuwisi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Makassar, Wakil Komandan (Wadan) Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, S.H, M.M melaksanakan kunjungan ke lahan ketahanan pangan Karuwisi Lantamal...

Wisuda Purna Tugas Wujud Penghormatan Lanal Kendari Terhadap Jasa-Jasa Perwiranya Selama Berdinas Di TNI AL

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kendari, Selasa, (04/08/2020) Lanal Kendari mengadakan Upacara Wisuda Purna Tugas dan Acara Tradisi Pelepasan yang dikemas secara menarik dan mengharukan...

REKOMENDASI