- Advertisement -

Ini Alasan Jersey Belanda Warna Oranye, Meski Benderanya Berwarna Merah Putih Biru

Tahukah kamu? kenapa warna jersey Timnas Belanda berwarna Oranye padahal bendera negaranya berwarna merah putih dan biru.

Warna oranye jersey belanda diadopsi dari perjuangan seorang tokoh terkenal negara di negara mereka Willem Van Oranje, Willem sendiri adalah tokoh revolusi sekaligus bapak bangsa belanda.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Willem dikenal sebagai pemimpin perang kemerdekaan belanda melawan bangsa spanyol tahun 1568 sampai 1648.

Nah, warna oranye ini pada awalnya adalah salah satu dari tiga warna bendera yang digunakan daerah-daerah pendukung pemberontakan Willem terhadap kerajaan Spanyol.

Dalam memimpin pemberontakan itu, Willem berjasa dalam kemenangan penting yang mampu mengusir penjajah serta membentuk republik of the seven provinces, atau dikenal dengan nama The Netherland.

BACA JUGA:  5 Fakta Timnas Argentina usai Raih Gelar Juara Piala Dunia 2022
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Atas jasanya yang sangat besar itulah, Masyarakat belanda di era itu menjadikan warna oranye sebagai warna kebesaran dan bendera negara mereka. Sayangnya di tahun 1937 kerajaan belanda menganti bendera mereka.

Awalnya oranye putih biru menjadi merah putih biru. Tapi meskipun warna bendera negara mereka diubah, kerjaan belanda tetap memakai warna oranye sebagai warna resmi kerjaan mereka.

Kemudian, hampir sebagian warga belanda juga masih menganggap warna oranye sebagai warna yang sakral, sebagai contoh masih banyak sampai saat ini yang memakai warna oranye sebagai warna jersey mereka.

BACA JUGA:  Argentina Vs Prancis : Prediksi, Review, H2H, Line Up dan Live Streaming

Warna oranye di jersey sepak bola belanda mulai digunakan secara resmi tahun 1934 saat timnas belanda tampil di piala dunia yang diselenggarakan di Italia, sejak saat itu timnas belanda sangat melekat dengan warna oranye di berbagai ajang.

Warna oranye lantas digunakan juga oleh para pendukung timnas Belanda pada berbagai kesempatan, utamanya saat skuad kebanggaan mereka tampil di pentas besar seperti Euro 2020. Barisan pendukung timnas Belanda kemudian mendapat julukan sebagai Het Legion alias Pasukan Oranye yang setia mendukung kiprah para pemain di berbagai ajang.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Itulah mengapa Timnas Belanda memakai jersey warna oranye.

Bagikan

BACA JUGA:

Kosta Rika Vs Jerman : Prediksi, Review, H2H, Line Up dan Live

Dua tim terbawah di Grup E Piala Dunia 2022 bersiap untuk pertarungan sengit untuk kualifikasi pada hari Kamis, saat Kosta Rika menghadapi Jerman di...

Aturan Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, Ada yang Berubah?

Secara umum aturan laga babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022 tidak jauh berbeda dengan penyisihan grup. Setiap laga akan digelar selama 2x45 menit...

Skuad Ekuador Piala Dunia 2022: Profil, Jadwal & Pelatih

Artikel ini berisi daftar Skuad Ekuador di Piala Dunia 2022, profil, pelatih, jadwal timnas Ekuador di Piala Dunia 2022. Rangking FIFA per Agustus 2022, Ekuador...

Squad Kroasia di Piala Dunia 2022, Profil, Jadwal dan Pelatih

Artikel ini berisi daftar Skuad Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, profil pelatih, jadwal timnas Kroasia di Piala Dunia 2022 di Qatar yang akan...

Argentina Vs Polandia : Prediksi, Review, H2H, Line Up dan Live

Argentina akan berusaha untuk melompati Polandia ke puncak Grup C dan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 ketika mereka bertarung di Stadion...

POPULER