Ini Rahasia Cara Menghafal Dengan Cepat dan Mudah, Coba Praktikkan!

Nah, tahuka kamu ada beberapa tips menghafal cepat yang bisa kamu praktikan. Tips ini bisa menghemat waktumu karena metodenya yang tetap sasaran. Yuk, praktikan.

FAJAR Pendidikan

Dalam keseharian seringkali kita membutuhkan kemampuan membaca dan menghafal yang baik, entah itu untuk menghadapi ujian sekolah, materi presentasi di kampus, proposal ketika memulai bisnis, dan lain sebagainya.

Kunci dalam menghafal sendiri dengan mengulangi proses membaca secara terus menerus, namun hal ini cukup menyita waktu dan terkadang kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya.

Nah, tahuka kamu ada beberapa tips menghafal cepat yang bisa kamu praktikan. Tips ini bisa menghemat waktumu karena metodenya yang tetap sasaran. Yuk, praktikan.

Ini Rahasia Cara Menghafal Dengan Cepat

1. Metode Tulis Tangan

Cara Menghafal Dengan Cepat yang pertama adalah dengan metode tulis tangan. Psikolog pendidikan dari University of Nebraska, Kenneth Kiewra, menyebutkan kegiatan menulis membuat fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan mengingat dan memahami suatu pelajaran menjadi lebih tajam.

Hal itu juga diungkapkan para peneliti dari Washington University. Mereka berujar, mahasiswa yang mencatat dengan metode tulis tangan mampu mengingat pelajaran lebih lama dibanding mereka yang tidak. Sebab, menulis membuat otak terorganisasi dengan baik. Otak juga lebih mudah merekam hal-hal yang telah ditulis oleh tangan.

2. Metode Mind Map

Mind mapping adalah pemetaan pikiran yang terorganisir secara visual dari ide dan konsep. Teknik ini awalnya diperkenalkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog asal Inggris. Dengan Cara Menghafal Dengan Cepat ala mind map, dijamin lebih ampuh untuk memahami maupun menghafal materi pelajaran.

Karena kita belajar menggunakan otak kanan yang melibatkan imajinasi, visualisasi, kreativitas, dan berhubungan langsung dengan otak bawah sadar sehingga lebih mudah untuk diingat. Selain itu, dengan teknik belajar ini, pikiran kita akan fokus pada topik utama kemudian mengasosiasi dengan kata kunci tertentu dari sebuah pelajaran.

Ini tentu akan mempermudah kita untuk mengingat karena kita fokus pada poin-poin penting dan menyimpulkannya ke dalam peta konsep sederhana. Selain menarik, membuat Mind Map juga tidak sulit lho. Ini caranya:

  • Siapkan kertas yang siap kamu corat-coret, utamakan kertas polos ya agar kamu bisa bebas berimajinasi. Kedua, tentunya pensil atau spidol warna-warni agar tampilannya lebih menarik!
  • Setelah semua sudah siap, mulai mind mapping dengan menuliskan topik utama di bagian tengah halaman. Dari situ, baru mulai mengembangkan menjadi subtopik yang berkaitan disertai turunannya. Misalnya, kamu sedang belajar IPA, lalu topik utamanya adalah cara berkembang makhluk hidup. Berarti subtopik-nya terbagi generatif dan vegetatif. Turunan untuk vegetatif misalnya tumbuhan dan hewan, seterusnya.
  • Usahakan untuk menggunakan satu kata atau frase untuk setiap subtopik maupun turunannya ya, untuk memudahkanmu mengingat. Jika kamu menggunakan kata yang terlalu panjang atau rumit, tentu akan menghambat kamu untuk menghafalnya bukan?
  • Tambahkan ilsutrasi sederhana supaya mind mapmu lebih seru! Jangan lupa gunakan warna yang berbeda untuk setiap garis subtopik, agarlebih menarik secara visual. Semakin berkreasi, semakin menarik mind mapmu!
BACA JUGA :   Tak Perlu Ribet, Begini Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di TikTok Shop

3. Metode Jembatan Keledai

Cara ini mungkin sudah diterapkan oleh banyak pelajar kala harus menghapal suatu istilah asing yang sulit diingat. Jembatan keledai memang terkenal ampuh membantu otak mengingat dengan cara yang lebih fun. Menurut Adolescent Literacy Organization, seiring dengan perkembangannya jembatan keledai juga memanfaatkan gambar dan objek lain seperti tangan yang selanjutnya dikenal sebagai mnemonic visual.

Salah satu contoh penerapan metode ini adalah dengan mengambil huruf pertama dari setiap kata dalam frasa yang ingin dihafalkan. Kemudian bentuk kumpulan huruf pertama tadi menjadi kata atau kalimat baru.

Sebagai contoh adalah urutan warna pelangi, yakni “mejikuhibiu” yang memiliki kepanjangan merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu. Selain itu, penerapan teknik ini juga bisa dilihat pada saat kita berusaha menghafalkan tabel periodik.

4. Jadikan Lagu

Menghafal pelajaran butuh waktu berhari-hari. Sedangkan menghafalkan lirik lagu terbaru tidak sampai sehari pun sudah hafal. Pernah mengalami hal serupa? Ternyata otak kita memang lebih mudah menghafal musik. Yuk coba membuat lagu dari materi pelajaranmu.

Kamu bisa mengganti lirik lagu kesukaanmu menjadi nama negara-negara di dunia beserta ibu kotanya. Atau kamu bisa membuat nada lagu sendiri. Metode ini cocok untukmu yang sangat suka pada musik. Kamu juga bisa menyanyikannya bersama teman-temanmu saat sedang gabut-gabutan santai. Pastinya menggunakan lagu sebagai Cara Menghafal Dengan Cepat maka akan mempermudah kamu.

BACA JUGA :   Tak Perlu Ribet, Begini Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di TikTok Shop

5. Visualisasi

Faktanya, otak kita lebih cepat untuk mengingat atau menghafal sesuatu yang berwujud visual. Nah, kamu bisa menerapkan cara menghafal dengan cepat yang satu ini. Misalnya hendak menghafal seri-seri mobil dari suatu brand otomotif.

Gambarlah mobil-mobil tersebut (atau bisa searching di internet, kemudian dicetak). Lakukan cara ini sesering mungkin dan tempel ditempat yang selalu kamu lihat, alam bawah sadarmu tentunya akan memudahkanmu untuk menghapalnya

6. Rekam

Cara belajar orang berbeda-beda. Untuk kamu dengan tipe belajar Auditorial, kamu pasti lebih mengerti ketika mendengar penjelasan orang lain. Nah, kamu bisa merekam suara gurumu ketika beliau sedang menjelaskan. Lalu rekaman itu dapat kamu dengarkan berulang-ulang.

Cara lainnya adalah merekam suaramu sendiri. Kamu bisa memakai bahasa yang mudah kamu mengerti saat merekam suatu materi. Selain memudahkan kamu belajar, kamu bisa melatih kemampuan berbicaramu juga.

7. Buat Poin Penting

Catat kata kunci atau poin-poin dari bacaan maupun presentasi, yang dirasa penting. Kamu bisa mencatatnya pada secarik kertas maupun di aplikasi notes pada smartphone, tablet, dan sebagainya.

Namun seperti metode nomer satu, peneliti dari Washington University, AS, mengungkapkan orang-orang yang mencatat dengan menulis tangan memiliki daya ingat yang lebih baik. Nah, jika kamu mencatat pada secarik kertas atau buku catatan, tulis dengan spidol berwarna dan bedakan warna untuk setiap kata kunci maupun poin-poin penting agar lebih mudah untuk dihafalkan dan disimpan dalam memori otak.

Dengan bantuan spidol warna dan pensil warna, kamu bisa membuat catatanmu lebih menarik dan colorful. Dengan begitu, membaca catatan tidak akan terasa membosankan. Jangan lupa untuk menyertakan gambar yang sesuai dengan materi ya!

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA