Ini Syarat Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2022, Targetnya 16.000 Mahasiswa

Pendaftaran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan kedua sudah dibuka kemarin, Jumat (13/5/2022).

FAJAR Pendidikan

Syarat pertukaran mahasiswa merdeka 2022. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajak para mahasiswa yang duduk di semester 2, 4, dan 6 untk mendaftar PMM Angkatan kedua ini. Pendaftaran dibuka sejak 13 hingga 28 Mei 2022 mendatang dan segala informasi bisa dilihat melalui laman program-pmm.id.

Untuk peserta yang lolos seleksi, selanjutnya akan melaksankan program pertukaran ini saat sudah duduk di semester 3,5, dan 6, selama satu semester atau lima bulan, mulai bulan Agustus hingga Desember 2022.

“Selama satu semester mengikuti program ini, kalian bisa berkuliah sampai 20 SKS di perguruan tinggi penerima, dan kami juga akan memberikan kesempatan untuk mengambil sampai enam SKS di perguruan tinggi pengirim secara daring,” ucap Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim pada sosialisasi PMM 2, melalui siaran pers, Sabtu (14/5/2022).

BACA JUGA :   Kabar Duka, Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

PMM sendiri merupakan salah satu program unggulan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menggunakan hak belajarnya di luar program studi dan di luar perguruan tinggi (PT) asal.

PMM 1 yang diselenggarakan pada tahun 2021 lalu, telah diikuti sebanyak 11.464 mahasiswa dari 215 perguruan tinggi penerima atau pengirim.

Sedangkan pada tahun ini, PPM 2 targetnya akan dibuka untuk 16.000 mahasiswa yang dapat memilih satu perguruan tinggi dari 194 perguruan tinggi penerima.

“Berbeda dengan tahun lalu, kini (mahasiswa) dapat memilih perguruan tinggi tempat mereka akan beraktivitas. Mahasiswa bisa memilih program, mata kuliah, dan perguruan tinggi. Selain itu, PMM 2 hanya dapat diikuti oleh mahasiswa yang belum pernah mengikuti Program PMM Tahun 2021 dan tidak sedang terdaftar aktif dalam Program Kampus Merdeka lainnya pada saat program berlangsung,” terang Kepala Program PMM 2 Rachmawan Budiarto.

BACA JUGA :   Curhat Ibu Guru Sri Rahayu soal Beda Perlakuan Mantan Muridnya yang Jadi Dokter dan Pemotor

PMM 2 dapat diikuti oleh mahasiswa aktif dari perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) dan duduk pada semester dua sampai enam saat periode pendaftaran.

“Banyak pertanyaan di media sosial tentang semester. Tentu ini besok semester gasal saat PMM berjalan, tapi adik-adik mendaftar saat semester 2, 4, 6, karena interaksi program ini akan berjalan di semester 3, 5, dan 7,” paparnya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI