Iqbal Nadjamuddin Ajak Jajaran Disdik Sulsel Tanam Pohon di Hari Bumi Sedunia

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Prov Sulsel, H Iqbal Nadjamuddin, ikuti peringatan Hari Bumi se-Dunia 22 April 2024 sekaligus memimpin langsung gerakan penanaman 2000 pohon jenis Mahoni, Kayu Putih dan Tranbesi di Jungle Camp ParangloE Kab Gowa.

Kehadiran Kadisdik Iqbal Nadjamuddin ke Gowa untuk menghadiri Kegiatan Perkemahan Hijau Putih Abu-abu di Jungle Camp, dan sekaligus melakukan penanaman pohon serentak dalam rangka memanfaatkan momentum Peringatan Hari Bumi se-Dunia yang digelar Jajaran Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah II Kab Gowa.

Menurut Iqbal Nadjamuddin, gerakan tanam pohon di momentum Hari Bumi tahun ini, adalah sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup, khususnya bagi masyarakat.

- Iklan -

“Kita ketahui bersama kalau pohon itu menyerap karbon dioksida dan akan menghasilkan oksigen. Olehnya itu, dengan menanam pohon, kita dapat mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas udara,” jelasnya.

Selain itu, kata Iqbal Nadjamuddin, dengan menanam pohon juga dapat mencegah banjir karena pohon dapat menyerap air hujan dan menjaga keseimbangan ekosistem.

Baca Juga:  Siswa SMPN 1 Watampone Bone Pilih Ketua Osis lewat Android

Di Momentum Peringatan Hari Bumi se-Dunia tahun ini, kata Iqbal Nadjamuddin, seluruh Kepsek, Guru, Pegawai, dan siswa-siswi SMA/SMK dan SLB di 24 Kabupaten/Kota se-Sulsel secara serentak melaksanakan gerakan tanam pohon di sekolahnya dan wilayah sekitar sekolah masing-masing.

- Iklan -

Pelaksanaan Gerakan Tanam Pohon Serentak ini dikoordinir langsung oleh 12 Kepala Cabang Dinas Pendidikan yang dibantu para Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan para Kepsek SMA, SMK, dan SLB masing-masing di 24 Kabupaten/Kota.

“Di Hari Bumi Sedunia tahun ini, Kami di Disdik Sulsel bersama seluruh jajaran termasuk seluruh SMA, SMK, dan SLB se-Sulsel diintruksikan untuk memanfaatkan momentum ini dengan melakukan penanaman pohon secara serentak pada Senin 22 April 2024 hari ini,” ucap Kadisdik Iqbal Nadjamuddin.

Sekadar infomasi, Jajaran Cabdisdik Wilayah II Gowa dalam memperingati Hari Bumi se-Dunia Tahun menggelar Kemah Siswa Putih Abu-Abu selama 2 hari (21-22/4/2024), bertempat di Jungle Camp, Kec ParangloE, Kab Gowa.

- Iklan -
Baca Juga:  BERITA FOTO: O2SN Tingkat Kecamatan Manggala Makassar

Untuk kegiatan hari pertama, digelar kegiatan bersih-bersih oleh siswa-siswi di lokasi pelaksanaan perkemahan. Dan untuk hari kedua, digelar upacara peringatan Hari Bumi se-Dunia dilanjutkan dengan penanaman 2000 pohon yang dipimpin Kadisdik Iqbal Nadjamuddin.

Adapun pertimbangan memilih lokasi ini, kata seorang pejabat di Cabdisdik Wilayah II, selain masih terdapat lokasi yang perlu ditanami pohon pelindung, juga dimaksudkan untuk menjaga kebersihan sekitar lokasi yang terletak di area Bendungan Bilibili agar airnya tetap terjaga dari terjadinya pecemaran.

Kegiatan ini diikuti seluruh perwakilan sekira 1000-an orang terdiri Pejabat dan Staf Cabdisdik Wilayah II Gowa, Kepsek, Guru, Pegawai, dan siswa-siswi SMA dan SMK se-Kab Gowa, baik negeri maupun swasta. (Haris – PPID Disdik Sulsel)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU