Monday, October 26, 2020

Kapal Perintis Tertahan, Pemkab Bersurat ke Otoritas Pelabuhan

Pangkep, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kapal perintis Sabuk Nusantara 66 kini tertahan di Pelabuhan Soekarno Hatta di Makassar. Kapal pengangkut barang dan manusia itu tidak diperbolehkan beroperasi ke berbagai wilayah di Kabupaten Pangkep akibat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Makassar.

Kadis Perhubungan, Abbas Hasan, menjelaskan di kantornya, Senin (27/4) bahwa pihaknya akan bersurat ke otoritas Pelabuhan Soekarno Hatta di Makassar untuk berkoordinasi terhadap pengoperasian kapal perintis itu. Selama ini warga kepulauan terjauh kecamatan Liukang Tangaya dan Kalmas memanfaatkan kapal berkapasitas 100 orang lebih itu untuk mengangkut semua kebutuhan pokok dari beras hingga gas serta pangan warga pulau.

Camat Liukang Tangaya, Hadayullah, mengaku warganya sangat kesulitan jika kapal perintis itu tidak beroperasi. “Ini menjadi transportasi andalan warga kami untuk mengangkut kebutuhan pokoknya,” katanya. Umumnya warga Liukang Tangaya menjadikan pelabuhan di Makassar sebagai tempat keluar masuknya barang ke pulau.

“Kami mohon pertimbangan agar warga dapat memanfaatkan kapal itu untuk mengangkut kebutuhan pokoknya, apalagi ini bulan Ramadhan kebutuhan pokok meningkat tajam,” jelasnya.

Pangkep dengan daerahnya yang memiliki 117 pulau mempunyai persoalan tersendiri dikala pemerintah menerapkan larangan bagi kapal udara dan laut dari wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Makassar akibat semakin tingginya penderita Covid-19.

Umumnya warga pulau menjadikan Makassar sebagai pelabuhan terdekat untuk mobilisasi warga memenuhi kebutuhan pokoknya.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Unibos Kukuhkan 537 Wisudawan, Orang Tua Saksikan Secara Daring

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Rektor Universitas Bosowa (Unibos) hari ini kukuhkan 537 Wisudawan yang dilakukan secara offline bagi para wisudawan dan online untuk...

Nelayan Terima Mesin Konversi BBM ke BBG

Pangkep, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Nelayan tangkap mendapatkan bantuan konverter dari mesin BBM ke bahan bakar gas (BBG). Ini merupakan bantuan Kementerian ESDM bekerjasama Komisi VII...

Kunjungan Kerja, Bupati Pangkep Resmikan SPBU

Pangkep, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid, meresmikan secara langsung SPBU satu harga di Pulau Kalu - Kalukuang, Kecamatan Liukang Kalmas, Rabu (21/10).

Sehari Jelang Sertijab, Kadiskes Lantamal VI Makassar Berpamitan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sehari jelang Serah Terima Jabatan (Sertijab), Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Letkol Laut...

Vicon Bersama Tim Penilai Nasional Kemenpan RB, Lantamal VI Paparkan Evaluasi Perkembangan Pembangunan Zona Integritas

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Zona Integritas (ZI) Reformasi Birokrasi (RB) yang sedang dilaksanakan oleh Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) untuk menuju...

REKOMENDASI