FAJARPENDIDIKAN.co.id-Pertumbuhan kasus positif virus korona atau coronavirus disease (covid-19) di Indonesia terus meningkat signifikan beberapa waktu belakangan. Untuk hari ini saja telah tercatat 790 kasus dengan rincian 701 dirawat, 58 meninggal dan 31 sembuh. Namun, Perwakilan World Health Organization (WHO) untuk Indonesia memprediksi jumlah kasus ini bakal turun dalam beberapa pekan ke depan.

“Diagnosis yang lebih baik akan datang dalam beberapa minggu mendatang,” kata Perwakilan WHO untuk Indonesia, Navaratnasamy Paranietharan dalam konferensi video, Kamis 26 Maret 2020.

Namun sebelum grafik itu menurun, kata Paranietharan, Indonesia harus terus siaga. Sebab secara global kasus ini masih belum mereda.  Kamis (26/3/2020) pukul 10.29 WIB, jumlahnya bertambah menjadi 471.044 kasus. Dari total kasus tersebut, jumlah kematian mencapai 21.284 pasien, sedangkan 114.228 diantaranya telah dinyatakan sembuh.

“Ini akan menjadi lebih buruk secara global, terutama di Indonesia sebelum menjadi lebih baik. Bersiaplah untuk itu,” ungkap Paranietharan. 

Baca Juga :   Kemendikbud Memastikan UN Hari Pertama Berjalan Sesuai Protokol Pencegahan Covid-19

Terlebih, pada mereka yang masih berusia muda. Karena penyebaran virus korona terbesar melalui anak muda.

“Anda berada dalam kelompok usia yang lebih muda, Anda tidak akan terserang penyakit kritis. Tapi anda bisa menularkan kepada usia tua yang lebih rentan,” jelas dia.

Langkah tercepat yang bisa diambil ialah penerapan hidup bersih dan sehat. Mulai dari mencuci tangan dan melakukan social distancing atau menjaga jarak.

“Selebihnya, tinggal menjaga suasana hati yang baik. Jika Anda terlalu stres, silakan berkonsultasi dengan profesor, karena mereka akan memiliki sistem pendukung,” tukas dia. (*)