Keistimewaan Peliharaan Kesayangan Rasulullah

FAJAR Pendidikan

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Kucing merupakan sejenis hewan mamalia karnivora, hewan yang tidak asing di lingkungan masyarakat pada umumnya, kucing merupakan hewan menggemaskan. Hingga saat ini kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Karena ukurannya yang kecil dan tidak begitu berbahaya bagi manusia.

Walaupun demikian kucing juga tetap memiliki hal berbahaya yang dapat timbul dan kemungkinan bisa terjadi yaitu infeksi rabies, akibat gigitan dan juga cakaran dari kuku kucing yang sangat perih dan menyakitkan.

kucing merupakan peliharaan kesayangan rasulullah. Kucing juga merupakan hewan yang sangat istimewa dalam islam, salah satunya karena kucing merupakan hewan yang jauh dari sifat najis.

Rasulullah SAW bersabda, “ia tidak najis. Ia binatang yang berkeliling.” Aisyah pernah melihat Rasulullah SAW berwudhu dari sisa jilatan kucing.” (HR. Albaihaqi, Abd Al-Razzaq, dan Al-Daruquthni).

BACA JUGA :   Bacaan Niat Kurban, Syarat dan Sunnah-Sunnahnya

Rasulullah mengajarkan kita agar mencintai sesama ciptaan Allah SWT. dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar ra, Rasulullah SWA bersabda: “Orang-orang yang berbelas kasih akan mendapatkan belas kasih dari (Allah) Yang Maha pengasih. Karena itu, berbelas kasihlah kepada setiap makhluk di bumi, niscaya (penduduk langit) akan mengasihimu”.

Salah satu contoh yang di ajarkan Rasulullah yaitu dengan manyayangi kucing, namun bukan berarti hanya kepada kucing saja. Seperti yang dijelaskan dalam hadist tersebut kita harus menyayangi setiap makhluk di bumi bahkan sampai ke semut yang kecil sekalipun.

Kucing memiliki keistimewaan tersendiri, yang menyebabkan Rasulullah begitu sangat menyayanginya. Berikut beberapa keistimewaan kucing yang perlu diketahui:

  1. Otot kucing yang terdapat pada kulit berfungsi sebagai alat yang dapat menolak telur bakteri, serta otot tersebut mampu menyesuaikan dengan sentuhan otot manusia.
  2. Lidah kucing yang berfungsi sebagai alat pembersih paling efektif serta dapat membersihkan bulu-bulu yang tersisa di badannya. Karena permukaan lidah kucing yang tertutup oleh benjolan kecil seperti kikir atau gergaji yang berguna dalam membersihkan badannya.
  3. Penelitian terhadap kucing sudah banyak dilakukan, pada sample yang diambil dari setiap bagian pada badan kucing. Dengan hasil dari kulit luar ternyata negatif kuman, cairan dari permukaan lidah juga memberikan hasil negatif kuman. Sehingga dari berbagai penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa kucing tidak memiliki kuman dan mikroba dimana liur kucing bersih dan membersihkan.
  4. Dari hasil penelitian kedokteran dan percobaan yang telah dilakukan ditemukan bahwa badan kucing lebih bersih daripada manusia.
BACA JUGA :   Renungan Harian Kristen, Minggu 26 Juni 2022: Hasil Pembenaran

 

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI