Kemenkes Gandeng FKM Unhas Lakukan Pendampingan Tata Kelola Program Kesehatan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Biro Perencanaan dan Anggaran Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menjajaki kerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) dalam kegiatan Pendampingan Tata Kelola Program Kesehatan di Indonesia.

Hal tersebut terungkap dalam kunjungan Djembar Wibowo dan Tina Safaria di Ruang Dekan FKM Unhas, Rabu 28 Agustus 2019.

Adapun maksud dari kegiatan pendampingan ini dipaparkan oleh tim dari Biro Perencanaan Kementerian Kesehatan adalah untuk memandu daerah agar mempunyai kompetensi yang baik dalam menyusun Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah dan/atau Rencana Bisnis Anggaran (RBA).

- Iklan -

Djembar Wibowo dan Tina Safaria selaku perwakilan dari Biro Perencanaan dan Anggaran Kementerian Kesehatan mengharapkan FKM Unhas dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang sangat penting untuk menunjang pencapaian tujuan pembangunan Negara Republik Indonesia di bidang kesehatan.

Baca Juga:  HIMATERAGI Fakultas Vokasi Unhas Gelar Kegiatan Pengabdian di TPA Antang

Sedianya keterlibatan pendampingan oleh FKM Unhas hanya pada RSUD Provinsi Sulawesi Barat, namun karena berbagai pertimbangan, FKM Unhas juga diminta untuk mendampingi Dinas Kesehatan Kabupaten Tambraw, Dinas Kesehatan Sorong, Dinas Kesehatan Asmat dan Dinas Kesehatan Mimika. 

Kunjungan Biro Perencanaan dan Anggaran Sekretariat Jenderal Kemenkes RI di Ruang Dekan FKM Unhas, Rabu 28 Agustus 2019.

Dekan FKM Unhas Dr Aminuddin Syam, SKM., M Kes., M Med Ed., dalam kesempatan itu menyatakan menyambut baik maksud kedatangan dari Tim Biro Perencanaan dan Anggaran Kementerian Kesehatan ini, dan akan memfasilitasi kegiatan ini sesuai dengan MoA yang akan dibuat.

- Iklan -
Baca Juga:  Pekan Ilmiah dan Olahraga HMJ-EI Gelar Lomba Olahraga Tingkat Fakultas seFEBI

FKM Unhas akan menjadi pendamping program untuk wilayah Sulawesi dan Papua.

“Kami meminta kepada Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan, Prof Sukri Palutturi, SKM., M Kes, M Sc PH, Ph D., yang membidangi kerja sama ini untuk mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan. Libatkan teman-teman sesuai dengan kebutuhan dan kompetensinya,” jelas Dekan FKM Unhas.

Kegiatan pendampingan ini akan dilaksanakan selama tiga bulan dimulai pada bulan September 2019 sampai Desember 2019.

- Iklan -

Adapun tahapan pelaksanaan kegiatannya mulai dari pembekalan teknis, pendampingan, monitoring dan evaluasi, hingga pemaparan hasil. Pemaparan rencana kerjasama ini turut pula dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama dan beberapa dosen FKM Unhas. (FP/Rls)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU