Kisah Sukses Como 1907, Klub Milik Hartono Promosi ke Serie A

Kabar gembira menghampiri penggemar sepak bola Indonesia, terutama para pencinta Como 1907, klub sepak bola Italia yang saat ini tengah bersiap memasuki kasta tertinggi Liga Italia, Serie A, musim 2024/2025.

Kepastian ini menjadi sorotan karena Como 1907 bukan sekadar klub biasa, melainkan merupakan salah satu klub yang dimiliki oleh Djarum Group, konglomerat asal Indonesia yang terkenal dan dipimpin oleh Michael Hartono dan Budi Hartono.

Como 1907 Dibeli Pengusaha Indonesia Pada 2019

Kisah sukses Como 1907 promosi ke Serie A diawali dengan kehadiran pengusaha Indonesia membeli klub tersebut di tahun 2019 lalu. Saat itu, klub yang berasal dari kota obyek wisata terkenal, danau Como, sedang mengalami kebangkrutan dan berkutat di Serie D.

- Iklan -

Ditahun tersebut, Djarum Group yang dimiliki Michael Hartono dan Robert Budi Hartono mengambil alih kepemilikan klub. Lalu dua sosok terkenal dalam sepak bola, Thierry Henry dan Cesc Fabregas, ikut menjadi pemilik saham minoritas tahun berikutnya.

Fabregas sempat menjadi pelatih tim sementara, setelah klub memecat Moreno Longgo, November 2023. Karena alasan sertifikasi, Fabregas hanya dibolehkan melatih selama sebulan.

Setelah itu, berkat bantuan Therry Henry, merekomendasikan Osian Roberts yang saat itu menjadi asisten Patrick Viera di Crystal Palace untuk menjadi pelatih kepala. Kolaborasi Osian Roberts dan Fabregas akhirnya menstabilkan kapal Como, sampai memastikan kembali ke Serie A. Dalam rentan hanya lima tahun, Hartono bersaudara mampu membawa Como dari Serie D ke Serie A.

- Iklan -
Baca Juga:  Skenario Timnas Indonesia Lolos Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia

Sejauh ini, peran Como 1907 terhadap sepakbola Indonesia adalah sebagai ‘rumah’ bagi program Garuda Select yang dinahkodai oleh Dennis Wise yang juga menjadi bagian dari manajemen Como 1907. Selain itu, ada ‘Si Kurus’ Kurniawan DJ dan Dani Suryadi yang sedang belajar dengan menjadi staf kepelatihan tim Primavera Como 1907.

Sejarah Klub Como 1907

Sejarah Como 1907 mencerminkan perjalanan panjang dan berliku, dengan berbagai tantangan yang dihadapi klub dalam menembus panggung sepak bola profesional Italia. Didirikan pada 1907, Como 1907 adalah klub sepak bola yang berbasis di Como, Lombardy.

Warna tim biru khas kerajaan menjadi ciri khas dari klub ini. Meskipun memiliki sejarah yang tidak selalu mulus, Como 1907 berhasil meraih kesuksesan dan menorehkan namanya di dunia sepak bola Italia.

- Iklan -

Perjalanan Como di Serie A memiliki catatan yang cukup menarik. Mereka pertama kali promosi ke Serie A pada 1949 dan menikmati periode empat tahun yang cukup sukses sebelum terdegradasi. Setelah itu, mereka sering bergerak antara Serie B dan Serie C, namun mulai muncul sebagai kandidat promosi ke Serie A pada 1970-an.

Baca Juga:  8 Negara Ini Berpotensi Jegal Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

Pada 1980-an, Como kembali menembus Serie A dan meraih kesuksesan dengan bertahan selama dua musim sebelum terdegradasi kembali. Namun, periode lima tahun di Serie A pada 1980-an menjadi salah satu masa kejayaan klub dalam beberapa dekade terakhir.

Meskipun mengalami penurunan performa dan beberapa kali terdegradasi, Como 1907 tidak pernah menyerah. Pada 2001, mereka berhasil promosi ke Serie A lagi, namun keberhasilan itu tidak berlangsung lama karena mereka terdegradasi kembali pada musim 2002/2003.

Keberhasilan Como 1907 dalam mencapai promosi ke Serie A Liga Italia musim 2024/2025 menjadi prestasi yang luar biasa. Ini menandai kembalinya Como ke panggung sepak bola Italia yang bergengsi setelah 21 tahun absen dari Serie A.

Kepastian promosi Como 1907 juga menjadi berita baik bagi para pemain Timnas Indonesia. Como 1907 menjadi salah satu jembatan bagi para pemain Indonesia untuk merasakan kompetisi level top Eropa, seperti yang diharapkan oleh Erick Thohir, Ketua PSSI. (*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU