KKN-E XII Unifa Usulkan Pembangunan Rumah Makan Terapung

Pangkep, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Mahasiswa KKN Entrepreneur XII Universitas Fajar (Unifa) Makassar tawarkan berbagai program berwirausaha untuk warga Desa Gentung, Kecamatan Labbakang, Kabupaten Pangkep. Dalam musyawarah desa, Selasa (6/8/2019).

Salah satu program yang paling menarik yaitu pembangunan rumah makan terapung dengan nama Floating Market Gentung.

Kordes (Kordinator Desa) KKN-E Unifa, Muhammad Fajar Said mengungkapkan ide tersebut muncul dengan melihat potensi desa yang dimiliki.

“Sebagian besar wilayah Gentung itu adalah tambak ikan bolu. Jadi, selain menjadi petani warga di sini juga seorang penambak. Namun, sayangnya hasil panen ikan langsung dijual semua tanpa diolah,” ungkapnya.

BACA JUGA :   FKM Unhas Lakukan Benchmarking di Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB

“Dari situ saya dan teman-teman berpikir untuk membuat olahan dari ikan bolu. Nah, supaya mudah dipasarkan kami pun berpikir membangun rumah makan terapung dengan nama Floating Market Gentung,” sambungnya.

Fajar pun menambahkan dengan lokasi Desa Gentung yang berada di Jalan Poros Makassar ke daerah. Floating Market Gentung ini dapat menjadi rest area sekaligus landmark desa. “Jika ini terealisasi, dengan lokasi yang strategis dan view pedesaan pasti tidak akan sepi pengunjung,” pungkasnya.

Ia pun berharap dalam musyawarah desa kali ini, yang dihadiri Kasubid Program Bappeda Pangkep Fikri Mubarak, Tim Teknis UMD Pangkep Muh Ilham, Supervisor KKN-E Unifa St Rukaiyah, serta Kepala Desa Gentung Hj Kamaria, dapat membantu merealisasikan rumah makan terapung ini.

BACA JUGA :   IAIN Bone Sambangi IAIN Palopo, Ini Tujuannya

Selain rumah makan terapung mahasiswa KKN-E XII Unifa juga menawarkan program pengolahan ikan bolu sebagai cemilan, serta pembuatan nata de coco. Juga pemetaan potensi desa, mitigasi bencana, dan pembuatan web desa.

Program pembuatan website desa diharapkan dapat mempermudah masyarakat luar mengenal Desa Gentung lebih spesifik terutama Floating Market Gentung ini. Jika terealisasi. (FP/*)