Rabu, April 21, 2021

Komunitas Sekolah Pelosok Kembali Gelar Kegiatan Ahad Berbagi

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Komunitas Sekolah Pelosok (KSP) kembali melakukan Kegiatan Ahad Berbagi bersama dengan masyarakat pemulung yang sering dikenal Kampung Savana yang berada di kelurahan bangkalla, kecamatan Manggala, Kota Makassar pada hari Minggu, 20 Desember 2020.

Kegiatan Ahad berbagi merupakan kegiatan rutin KSP, namun ahad berbagai kali ini berbeda karena kegiatan ini dirangkaikan dengan kegiatan millad dari Komunitas Sekolah Pelosok itu sendiri.

Dalam agenda kegiatannya KSP berbagi cerita dengan adik-adik yang tinggal di kampung pemulung Tersebut.

Rheila Hasti yang kerap di sapa Rilla sebagai anggota baru dari KSP menuturkan: ” Saya sangat bangga kepada para adik-adik yang memilki semangat yang sangat tinggi untuk belajar, walaupun mereka belajar di tempat yang bisa dikatakan tidak layak namun mereka tetap semangat dan tetap bersyukur serta menerima segala hal yang mereka jalani sekarang.”

Dalam masa pandemi dan musim cuaca bulan Desember khususnya, kata Rilla, harusnya pemerintah lebih memerhatikan kondisi pendidikan maupun kondisi masyarakat itu sendiri.

“Karena masyakarat kampung Savana disaat musim hujan ini kondisi tempat tinggal mereka terendam air dan banyak para siswa juga sulit untuk belajar karena buku-buku mereka basah dikarenakan atap rumah mereka yang bocor,” ungkapnya.

Amel yang merupakan siswa Sekolah Kampung Savana sangat bahagia ketika dikunjungi KSP dan mengatakan: “Saya kak mau sekali belajar membaca dan berhitung, tapi saya tidak buku untuk belajar. Kemarin ada kak tapi basah karena musim hujan sekarang dan banjir juga ditempat saya kak.” tutupnya

Pada kesempatan yang sama, Al-Kautsar Taufik Ketua Komunitas Sekolah Pelosok menyampaikan Sekolah Kampung pemulung ini jumlah siswanya 45, yang dimana memiliki latar belakang pemukiman orangtuanya berada di tempat hasil memulung.

“Mereka belajar dan tidur bersama dengan hasil memulungnya. Banyak siswa di sekolah tersebut berpesan kepada para kakak- kakak komunitas agar lebih sering mengunjungi sekolah pemulung.”

“Dalam masa saat ini, peran organisasi dan seluruh aktifis muda harus berelasi bagaimana caranya membantu proses seluruh permasalahan khususnya dalam dunia pendidikan lebih efektif dalam ranah penunjang pendidikan dan efektivitas dalam memperdayakan kehidupan masyarakat pinggiran,” tutupnya.

RAMADAN KEREN

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Polsek Urban Pitumpanua Kembali Bubarkan Balapan Liar

Wajo, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Personil Polsek urban Pitumpanua bubarkan balapan liar dilaksanakan anak muda dikaluku desa lauwa kecamatan Pitumpanua dijalan Poros Sengkang-siwa, Selasa (20/4/2021).

Segar Buat Buka Puasa, Ini Resep Praktis Es Pisang Ijo yang Yummy!

Untuk mendapatkan adonan es pisang ijo yang mantap dengan rasa yang premium, lebih baik gunakan pewarna makanan alami seperti daun suji dan...

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Selasa 20 April 2021

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Jadwal buka puasa merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari rutinitas puasa bagi umat Islam. Umat Islam yang menyegerakan...

Keutamaan Pahala Berpuasa

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Bulan Ramadan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari. Menurut ajaran islam, puasa di bulan Ramadan dapat...

Doa Buka Puasa yang Benar

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ...

REKOMENDASI