Minggu, Desember 5, 2021

Kuliah Tatap Muka Terbatas di Gelar Unhas dengan Prokes Ketat

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kuliah Tatap Muka Semester Awal Tahun Akademik 2021/2022 mulai digelar Universitas Hasanuddin (Unhas). Kegiatan ini terlaksana setelah melalui berbagai tahapan persiapan mulai dari rapat koordinasi hingga pelaksanaan swab antigen bagi para mahasiswa dan dosen.

Sesuai kebijakan pimpinan Universitas, pelaksanaan kuliah tatap muka mulai berlangsung pada Senin (18/10) dengan penerapan protokol Covid-19 secara ketat.

Rini Rachmawaty, S.Kep., Ns., MN., Ph.D., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Penelitian dan Inovasi Fakultas Keperawatan menjelaskan bahwa dalam mempersiapkan PTMT, FKep Unhas memperhatikan berbagai aspek yang mendukung terlaksananya PTMT.

Sebelumnya, FKep Unhas telah membagikan kuesioner terkait kesiapan kuliah tatap muka. Bagi mereka yang ingin mengikuti PTMT, diwajibkan memperoleh surat izin orang tua serta telah mendapatkan vaksin lengkap dan mengikuti swab antigen dengan hasil non reaktif.

“Total mahasiswa kami yang ikut ada 128 orang yang terbagi dalam lima kelas. Dua kelas Prodi Fisioterapi dan tiga kelas Prodi Keperawatan. Untuk mendukung penerapan Protokol Covid-19, kami menyediakan handsanitizer dan alat pengukur suhu. Kami juga memiliki klinik yang bisa dimanfaatkan jika mahasiswa memiliki kondisi tubuh yang kurang fit,” jelas Rini.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua Prodi Psikologi, Fakultas Kedokteran Unhas, Dr. Ichlas Nanang Afandi, S.Psi, MA.

Dirinya mengatakan, untuk pembelajaran tatap muka, jumlah mahasiswa Psikologi yang terlibat kurang lebih 50 orang, terbagi dalam lima kelas berbeda.

Setiap kelas dilengkapi dengan multimedia yang membantu proses belajar terhubung secara daring kepada mahasiswa lain yang tidak hadir secara luring.

Selain Fakultas Keperawatan dan Fakultas Kedokteran, fakultas lainnya yang telah menjalankan PTMT adalah FISIP, FMIPA, Fakultas Kehutanan dan Fakultas Pertanian.

Unhas telah merancang dan mempersiapkan prosedur pembelajaran tatap muka, prosedur pembelajaran dalam kelas, laboratorium, laboratorium lapangan hingga penyelenggaraan seminar, ujian akhir dan promosi.

Semua kebutuhan yang diprasyaratkan pada pembelajaran tatap muka terbatas sudah dimiliki oleh Unhas.

Untuk mendukung pelaksanaan kuliah tatap muka, Satgas Covid-19 Unhas terlibat membantu proses penerapan protokol kesehatan.

Kuliah tatap muka diprioritaskan untuk angkatan 2020 dan 2021 yang berdomisili di Makassar dan sekitarnya.

Sebelum Kuliah tatap muka berlangsung, sebanyak 1.240 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan tenaga pendidik telah mengikuti tes Swab Antigen yang berlangsung dua hari sejak Kamis (14/10) hingga Jumat (15/10) di JK Arenatorium. (*)

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI