ADV A1

Kultum Ramadhan Singkat Tema 4 Amalan Malam Nuzulul Quran

FAJAR Pendidikan

Kultum Ramadhan Singkat Tema 4 Amalan Malam Nuzulul Quran. Amalan di malam Nuzulul Quran. Adapun ceramah atau kultum ini membahas tentang 4 amalan malam Nuzulul Quran yang bisa kita lakukan.

Selain itu, materi kultum atau ceramah Ramadhan ini juga dapat digunakan sebagai referensi bagi para penceramah saat menyampaikan kajian di masjid.

Kultum atau ceramah ini disampaikan oleh Anifa Mustafida, S.Pd yang merupakan guru MI Wahid Hasyim Yogyakarta di YouTube MI Wahid Hasyim TV pada 28 April 2021. Tulisan juga dikutip dari KabarLumajang.com dan Portal jamber, Berikut ini :

Kultum Ramadhan Singkat Tema 4 Amalan Malam Nuzulul Quran

4 Amalan Malam Nuzulul Quran

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Kita tahu bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh kemulian. Di bulan Ramadhan ada beberapa peristiwa umat islam salah satu diantaranya adalah malam Nuzulul Quran.

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Kamis 23 Juni 2022: Panggilan dan Tugas

Apakah kalian tahu apa itu malam Nuzulul Quran? Malam Nuzulul Quran merupakan malam diturunkannya Al-Quran secara utuh dari lauhul mahfudz kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

Kita tahu bahwa Al Quran merupakan kitab suci umat islam. Al Quran merupakan petunjuk atau pedoman hidup umat islam. Pada malam Nuzulul Quran kira-kira amalan-amalan apa saja ya yang bisa kita lakukan?

Saya akan memberikan beberapa contoh keutamaan-keutamaan atau amalan yang bisa dilakukan pada malam Nuzulul Quran. Yang pertama adalah itikaf, kalian bisa melakukan itikaf dengan berdiam diri di masjid kemudian banyak berdoa dan banyak berdzikir minta ampunan kepada Allah SWT.

BACA JUGA :   Teks Khutbah Jumat Tentang Al Quran, Perempuan, dan Insan Kamil

Yang kedua bisa istiqomah atau teguh dalam membaca Al Quran. Membaca Al Quran setiap hari itu melaksanakannya dengan istiqomah dengan terus-menerus. Yang ketiga adalah memperbanyak doa. Pada malam Nuzulul Quran bisa memperbanyak doa kepada Allah SWT.

Yang terakhir, memperbanyak juga sholat malam.

Itu merupakan amalan-amalan yang bisa yang kalian lakukan yang bisa dilakukan di rumah dalam memperingati malam Nuzulul Quran, malam yang penuh berkah ini.

Kemudian keutamaan-keutamaan yang bisa kita dapatkan pada malam Nuzulul Quran apabila kita melakukan amalan-amalan tadi kita akan mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Kita juga akan mendapatkan syafaat pada hari kiamat nanti.***

Subscribe ke akun YouTube FAJAR PENDIDIKAN untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran kamu lainnya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI