Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Pembelajaran 1 Halaman 123 127 128 129 Subtema 3 Tentang Organ Gerak Hewan dan Manusia

FAJAR Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Pembelajaran 1 Halaman 123 127 128 129 Subtema 3 Tentang Organ Gerak Hewan dan Manusia, dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 Kelas 5 SD/MI Tema 1 tentang Organ Gerak Hewan dan Manusia.

Dilansir dari laman Sepitarlampung.com, berikut ini Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Pembelajaran 1 Halaman 123 127 128 129 Tentang Organ Gerak Hewan dan Manusia

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 123

Amatilah ilustrasi gambar pada halaman sebelumnya. Buatlah sebuah cerita berdasarkan gambar-gambar tersebut.

Namun, sebelumnya kamu harus menentukan ide pokok tiap-tiap paragrafnya terlebih dulu.

Jawaban:

Ide Pokok:

– Bahan baku pembuatan gerabah adalah tanah liat

– Tahap pembuatan gerabah menggunakan beberapa teknik

– Tahap finishing gerabah dengan pemberian warna

Cerita Berdasarkan Gambar

Bahan baku pembuatan gerabah adalah tanah liat. Sebelum digunakan tanah liat harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran. Kemudian tanah yang telah tercampur ditambahkan air secukupnya dan diulek sampai rata dan homogen. Selanjutnya bahan gerabah sudah siap dipergunakan untuk perwujudan badan gerabah.

Tahap pembuatan gerabah menggunakan beberapa teknik. eberapa teknik pembentukan yang dapat diterapkan, antara lain : teknik putar (wheel/throwing), teknik cetak (casting), teknik lempengan (slab), teknik pijit (pinching), teknik pilin (coil). Setelah gerabah terbentuk selanjutnya adalah proses pengeringan dapat dilakukan dengan atau tanpa panas matahari. Setelah kering selanjutnya adalah tahap pembakaran.

BACA JUGA :   Daur Hidup Nyamuk – Siklus, Fase, Urutan Cara Berkembang, & Gambar

Tahap finishing gerabah dengan pemberian warna. Finishing yang dimaksud disini adalah proses akhir dari gerabah setelah proses pembakaran. Proses ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara misalnya memulas dengan cat warna, melukis, menempel atau menganyam dengan bahan lain, dan lain-lain.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 127 – 128

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragraf.

Jawaban:

Paragraf 1 : Salah satu di antara warisan karya budaya yang sangat tua, luas persebaranya, dan mampu bertahan hingga sekarang adalah gerabah, yakni barang pecah belah dari tanah bakar yang dibuat secara tradisional.

Paragraf 2 : Pada situs-situs kebudayaan dan purbakala, banyak dijumpai gerabah atau tembikar yang difungsikan sebagai peralatan atau perkakas rumah tangga dan untuk keperluan peribadahan serta penguburan mayat

Paragraf 3: Tak terkecuali di Pulau Madura, gerabah dibuat untuk difungsikan sebagai peralatan sehari-hari masyarakat setempat, yang dilakukan secara tradisional seperti apa yang dilakukan oleh para pendahulunya.

BACA JUGA :   Latihan Yuk! Contoh Soal ANBK SMA 2022 dan Jawaban

Paragraf 4: Gerabah-gerabah yang dihasilkan oleh para pengrajain di Madura adalah gerabah yang dibuat dari tanah liat yang berwarna kuning dengan pasir halus.

Paragraf 5: Beberapa daerah di Madura menjadi penghasil gerabah seperti di Mandala Andulyang, Duko Ru Baru, Yangkatan Kyangean, Baragung, Pademawa, Dalpenyang Pakaporan, Blega Byangkalan, dan lain-lain.

Paragraf 6 : Memang tidak semua daerah di Madura menghasilkan gerabah.

Paragraf 7 : Di antara daerah-daerah penghasil gerabah tersebut ada semacam perjanjian kerja untuk membuat baryang-baryang yang sudah ditentukan secara turun temurun atau spesilaisasi

Paragraf 8: Peralatan pengrajin gerabah Madura adalah alat-alat tradisional yang tak jauh bedanya dengan yang sudah digunakan pada zaman prasejarah.

Paragraf 9: Adapun proses pembuatan gerabah dilakukan dengan tahapan-tahapan yang harus dilakukan secara berurutan.

Paragraf 10: Keberadaan pengrajin gerabah di Madura ini telah banyak memberikan manfaat, baik untuk pengrajin, pemakai maupun untuk masyarakat umum.

Paragraf 11: Meski gerabah masih tetap diproduksi, namun dalam perkembangannya dihadapkan pada produk-produk modern.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 129

Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.

Jawaban:

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI