Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3, Subtema 4 Pembelajaran 3 Halaman 199 dan 201

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan kunci jawaban Pertemuan 3, Cuaca, Musim, dan Iklim, untuk Kelas 3 SD/MI. Teman-teman dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai pedoman dalam belajar.

Kunci jawaban berdasarkan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018, Tema 5 Cuaca, Pertemuan 3 yang mulai dari halaman 197 sampai 203.

Materi pada pertemuan 3 ini meliputi ‘mengamati dan bertanya jawab tentang gambar’, ‘membaca teks’, ‘menemukan kalimat saran pada teks’, ‘menuliskan saran’, ‘memahami masalah pembagian’, ‘membuat masalah pembagian’, ‘mengidentifikasi cara membuat karya dengan teknik melipat’, dan ‘berkreasi dengan teknik melipat’.

- Iklan -

Nah, mari kita simak bersama kunci Jawaban Buku Tema 5 Kelas 3 Halaman 199 dan 201, Cuaca, Musim, dan Iklim: ‘Mengubah dunia Melalui Tulisan’ berikut!

Baca Juga:  Klasifikasi Hewan Insektivora: Ciri-Ciri dan Contohnya

Cuaca adalah keadaan udara di tempat tertentu. Sedangkan Iklim merupakan keadaan cuaca pada suatu daerah yang luas. Iklim ditentukan dalam waktu yang lama (sekitar 11-30 tahun).

Cuaca cerah di pagi hari kini berubah menjadi cuaca berawan. Lani dan teman-teman berjanji akan kembali ke rumah Edo nanti sore. Mereka akan melanjutkan membuat karya 3 dimensi.

- Iklan -

Sore hari yang dinanti pun tiba. Lani, Siti, Dayu, Beni, dan Udin telah tiba di rumah Edo. Mereka kembali berkumpul di ruang keluarga. Edo sudah menyiapkan kain lagi untuk digunting dan dipotong.

Ayo Mencoba

Mula-mula Edo menggunting kain berbentuk persegi panjang dan membaginya menjadi enam bagian.

- Iklan -
Baca Juga:  Mengenal Perkembangbiakan Vegetatif dan Generatif pada Tumbuhan

Edo membaginya menjadi 6 bagian untuk mereka berenam. Masing-masing mendapatkan 1/6 bagian kain berbentuk persegi panjang.

Sekarang, Edo menggunting kain yang lain menjadi delapan bagian berbentuk segitiga. Potongan kain ini akan diberikan untuk Beni dan Udin. Masing-masing akan mendapatkan 3/8 bagian kain.

Sisa kain 2/8 bagian disimpan untuk Edo.

Kunci Jawaban Halaman 199

Ayo Berlatih

Apakah kamu masih ingat cara mengurangkan pecahan berpenyebut sama? Perhatikan kembali cara Edo memotong kain dan membaginya kepada teman-teman.

Lakukan pengurangan pecahan berpenyebut sama untuk soal-soal berikut. Isilah jawaban pada tempat yang tersedia. Beri warna pada gambar sesuai dengan jawabanmu.

Jawaban

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU