8 Cara Membaca Berita Yang Baik Dan Benar Lengkap Contoh Teks Berita

FAJAR Pendidikan

8 Cara Membaca Berita Yang Baik Dan Benar Lengkap Contoh Teks Berita, Dalam membaca berita sangat penting dengan latihan dan suara yang bisa di kontrol oleh pembaca berita. Serta memperhatikan hal-hal yang mungkin saja bisa berakibat fatal saat sedang membaca berita.

Oleh sebab itu dilansir dari laman Materibelajar.co.id, berikut ini penjelasan lengkap dan Cara Membaca Berita Yang Baik Dan Benar Lengkap Contoh Teks Berita. Simak berikut ini :

Cara Membaca Berita Yang Baik dan Benar

Berikut ini 8 Cara Membaca Berita Yang Baik Dan Benar Lengkap Contoh Teks Berita, Simak Berikut ini :

1. Intonasi

Intonasi atau disebut juga dengan lagu kalimat. Membaca teks berita, memerlukan ketepatan dan juga kecermatan pada setiap kata dan kalimatnya. Pembaca harus bisa mengatur volume suara, memilih kata/kalimat mana yang disuarakan dengan penekanan, keras, lemah, maupun lembut.

2. Perhatikan Artikulasi

Artikulasi yaitu adalah kejelasan dalam pelafalan atau pengungkapan kata-kata yang akan kita ucapkan. Karena kata-kata yang tidak jelas artikulasinya akan terkesan seperti kita sedang bicara “sambil kumur-kumur”. Kesalahan artikulasi menjadi hal fatal, apabila pendengar mengalami pergeseran makna dari apa yang dimaksud oleh pembaca berita.

BACA JUGA :   Metamorfosis Lalat Lengkap Proses, Tahapan, Siklus Metamorfosis Lalat

3. Volume suara

Volume merupakan tingkat kekuatan dan kenyaringan suara saat mengucapkan kata. Volume suara juga harus diperhatikan. Keras-lemahnya suara serta kenyaringan suara diukur oleh pembaca berita.

4. Irama dalam Membaca Berita

Irama merupakan kecepatan dalam membaca berita. Dalam membaca berita harus menggunakan Irama yang baik agar tidak terkesan buru-buru, formal dan nyaman untuk didengarkan. Anda bisa melatih tempo dalam membaca berita disesuaikan dengan durasi tayang dalam berita tersebut. Kadang-kadang kita harus memberi jeda. Namun pastikan kita tidak terlalu cepat atau lambat dalam membaca sebuah berita.

5. Sikap Tubuh yang Tegap

Hal lain yang juga penting dan harus diperhatikan adalah sikap tubuh saat kita membawakan atau membacakan berita. Teknik membaca berita dengan baik bisa dilakukan dengan menjaga postur tubuh tetap tegap sehingga kita terlihat profesional.

BACA JUGA :   Teori Atom  Mekanika Kuantum Menurut Para Ahli

6. Tatapan Mata

Tatapan mata yang netral dan fokus juga diperlukan agar kita terlihat percaya diri. Memutar mata, melirik atau gerakan mata lain seperti kebingungan selama membaca berita bisa menunjukkan unsur ketidakpercayaan diri. Pastikan tatapan mata lurus ke penonton dan fokus.

7. Sesuai Konteks

Sesuaikan gaya pembacaan berita dengan konteks atau tema yang akan di bacakan. Apabila berita tersebut merupakan berita formal, berarti kita juga menggunakan gaya formal.Nanum jika acara tersebut santai, kita jangan terlalu kaku dalam membawakan berita tersebut dan jangan teralu menggunakan bahasa baku.

8. Tetap Tenang Saat Ada Kesalahan Teknis

Kesalahan teknis bisa saja terjadi pada saat melakukan pembacaan berita. Menjaga sikap tetap tenang dan mampu mengalihkan perhatian dengan tetap stabil merupakan kemampuan yang juga tidak kalah pentingnya.

Bagikan:

Pilihan