ADV A1

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4, Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan, Pembelajaran 1 Buku Tematik Halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8 dan 9

FAJAR Pendidikan

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan kunci jawaban Tema 5 Kelas 4 SD/MI, halaman 1, 3, 4, 5, 6, 8, 9 Pembelajaran 1 Subtema 1 merupakan bagian dari materi Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan, Tema 5 Pahlawanku.

Buku Siswa Tema 5 Kelas ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru tahun 2017. Kunci jawaban Tema 5 Kelas 4 ini bisa dijadikan pedoman bagi orang tua siswa dan guru dalam mengoreksi jawaban anak.

Kunci Jawaban Halaman 1

Ayo Berdiskusi

Amati gamba berikut

Jawab pertanyaan di bawah ini!

1. Apa yang mereka lakukan?

Jawaban:
– Mereka sedang menjenguk teman.
– Memelihara dan mengamati alam dan lingkungan sekitar
– Membantu teman membereskan tasnya.

2. Bagaimana pendapatmu mengenai hal itu?

Jawaban: Perlakuan mereka sangat baik dan patut ditiru sebagai anak bangsa yang harus belajar berbuat kebaikan sejak dini sehingga menjadi terbiasa jika sudah dewasa nanti.

3. Hal baik apa yang bisa kamu contoh?

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 2 Pembelajaran 6, Halaman 93 94 95 97 98

Jawaban: Menjenguk teman yang sakit agar cepat sembuh dan tak sedih atau kesepian, memelihara dan mengamati lingkungan agar menambah keasrian dan pengetahuan kita, membantu teman yang kesusahan agar senang kembali.

Kunci Jawaban Halaman 3 – 4

Ayo Membaca

Sikap kepahlawanan juga tercermin dari perbuatan beberapa raja di masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Mari kita pelajari lebih lanjut!

Raja Purnawarman, Panji Segala Raja

Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran air dan memberantas perompak.

Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai sehingga menjadi subur. Ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau.

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 2 Pembelajaran 2, Halaman 64 dan 65

Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan. Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perompak, keadaan menjadi aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.

Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun.

Setelah membaca teks tersebut, jawab pertanyaan berikut!

1. Tuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman!

Jawaban:
– Perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman adalah dia membuat saluran air yang dihubungkan dari sungai Citarum, Jawa Barat.
– Beliau selalu berjuang untuk rakyatnya.
– Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI