ADV A1
ADV B1

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 192 dan 193, Aku Cinta Membaca: Makhluk Terpintar

FAJAR Pendidikan

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan Kunci jawaban tentang Pertemuan 2, Aku Cinta Membaca, Tema 5, untuk Kelas 6 SD/MI. Nah, adik-adik dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai pedoman dalam mempelajari pelajaran 2 yang terdapat pada halaman 192 dan 193.

Kunci jawaban ini merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018 untuk Kelas 6 SD/MI. Tema 5 Wirausaha. Materi untuk pertemuan 2 ini meliputi ‘Makhluk Terpintar’.

-ADV C2 -

Kunci jawaban berikut juga dapat berguna untuk membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

-ADV C3 -

Nah, simaklah Kunci Jawaban Buku Tema 5 Kelas 6 Halaman 192 dan 193. Aku Cinta Membaca: ‘Asal Usul Mata Kecil Gajah’ berikut ini dengan saksama!

Aku Cinta Membaca

Kunci Jawaban Halaman 192 dan 193

Makhluk Terpintar

Di suatu masa, hidup seorang petani di Laos. Setiap pagi ia mengendalikan kerbaunya untuk membajak sawahnya. Tubuh petani itu kurus dan kecil, sehingga ia terlihat semakin kecil di belakang kerbau yang membajak sawahnya.

BACA JUGA :   Proses Matahari Bersinar di Siang Hari dan Bulan Bersinar di Malam Hari
-ADV C4 -

Suatu hari, seekor harimau mendatangi sawah petani. Sang Harimau terkejut melihat makhluk sebesar kerbau mau mengikuti perintah makhluk sekecil Petani. Ia mengintip dari kejauhan, terheran-heran ia melihat kepatuhan kerbau pada petani.

Setelah Pak Petani pulang ke rumahnya, Harimau bertanya pada Kerbau. “Kamu besar dan kuat. Mengapa kamu mau melakukan semua yang manusia itu perintahkan?”

Kerbau menjawab “Oh, aku mau melakukan perintahnya, karena orang itu sangat pintar!”

Harimau bertanya lagi, “Bisakah kamu memberitahuku seperti apa kepintaran orang itu?” “

Aku tidak bisa memberitahumu, tetapi kamu bisa bertanya padanya,” jawab sang Kerbau.

Esok harinya, Harimau datang kepada Pak Petani. “Aku ingin melihat kepintaranmu! Aku ingin tahu seperti apa kepintaranmu, sehingga Sang Kerbau mau mengikuti perintahmu”

“Kepintaranku ada di rumah,” jawab Pak Petani.

BACA JUGA :   Penyebaran dan Proses Perkembangan Islam di Indonesia

“Bisakah kamu pergi mengambilnya?” pinta Sang Harimau.

“Hmmm,…bisa saja. Tetapi aku takut kamu akan makan Sang Kerbau ketika aku pulang mengambil kepintaranku. Bolehkah aku mengikatmu di pohon?” kata Pak Petani.

Maka, Harimau pun membiarkan dirinya diikat oleh Pak Petani pada sebuah pohon. Setelah itu, Pak Petani tentu tidak pulang ke rumah untuk mengambil kepintarannya. Pak Petani mengambil cangkul, lalu memukul Harimau. Ia berkata, “Sekarang kamu tahu kepintaranku, walaupun kamu belum melihatnya!”

_______________

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 5 Wirausaha, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 5 Wirausaha, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI