Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5, Subtema 2 Pembelajaran 2, Halaman 89, 91, 92, 93, 95, dan 96

FAJAR Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5, Subtema 2 Pembelajaran 2, Halaman 89, 91, 92, 93, 95, dan 96 Kelas 5 SD/MI. Pembelajaran 2 yang dimulai dari halaman 87 sampai 96.

Kunci jawaban membahas soal yang terdapat pada halaman 89, 91, 92, 93, 95, dan 96, pembelajaran 2, Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan, Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan.

Kunci jawaban ini juga disertai materi yang sesuai dengan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Materi tersebut meliputi ‘percobaan kalor dapat menyebabkan perubahan wujud benda’, ‘membaca peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan’, ‘bercerita peristiwa-peristiwa setelah pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan’, ‘memperagakan gerak tari dengan pola lantai’.

Kunci jawaban Tema 7 Kelas 5 ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Beni dan ayahnya di kebun cengkih milik Pak Rudi.

Beni : “Ayah, tadi sewaktu kita datang, di daun-daun cengkih dan rerumputan, terdapat titik-titik air. Ke mana perginya titik-titik air itu? Mengapa sekarang tidak ada lagi?”

Ayah : “Itu namanya embun. Tadi, ketika kita datang, masih pagi. Jadi, masih banyak kita jumpai embun di dedaunan. Sekarang sudah siang, embun-embun itu menguap terkena panas sinar matahari.” “Peristiwa ini disebut penguapan. Proses penguapan embun terjadi dengan bantuan energi sinar matahari dan angin. Akibat panas dari sinar matahari, air menguap menjadi uap air.”

BACA JUGA :   Contoh soal Kerucut, Rumus Luas Lengkap Pejelasannya

Beni : “Oh, begitu.”

Ayah : “Energi panas atau kalor memiliki peran utama dalam proses penguapan tersebut. Energi panas dapat mengubah suhu benda dan dapat mengubah wujud benda.”

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 7 Halaman 89

Ayo Mencoba

Untuk menyelidiki bahwa kalor dapat menyebabkan perubahan wujud benda, lakukan percobaan berikut!

Percobaan

Tujuan:
Mengamati Perubahan Wujud Benda

Alat dan Bahan:
– Es Batu
– Mangkuk
– Palu/martil

Cara Kerja:
1. Siapkan alat dan bahan.
2. Pecahkan es hingga berukuran kecil-kecil.
3. Letakkan beberapa potong es di mangkuk.
4. Letakkan es tersebut di bawah panas terik matahari.
5. Biarkan es selama lima menit.
6. Amatilah perubahan pada es.

Simpulkan hasil percobaanmu. Tuliskan pada kolom berikut.
Jawaban:
Kesimpulan hasil percobaan: Dengan adanya perubahan kalor/pemanasan dapat menyebabkan berubahnya wujud suatu benda. Pada saat suatu zat melepaskan kalor, maka suatu zat tersebut akan mengalami perubahan wujud.

Peristiwa perubahan wujud benda padat menjadi benda cair karena adanya pemanasan disebut mencair. Contoh lain peristiwa mencair sebagai bentuk perubahan wujud benda karena kalor atau panas adalah sebagai berikut.
1. Mentega dipanaskan.
2. Logam dipanaskan pada suhu tinggi.
3. Lilin dipanaskan.

BACA JUGA :   Pengertian Metamorfosis Nyamuk Lengkap Jenis, Tahapan, Urutan, dan Siklus

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 7 Halaman 89

Ayo Berlatih

Untuk menyelidiki terjadinya peristiwa mencairnya suatu benda yang disebabkan oleh kalor atau panas, lakukan percobaan memanaskan mentega di atas kompor. Berhati-hatilah saat melakukan percobaan menggunakan kompor. Tuliskan prosedur percobaan seperti berikut.

Jawaban:

Judul Percobaan: Percobaan Pengaruh Kalor Terhadap Wujud Benda

Tujuan: Mengamati pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda

Alat dan Bahan:
– Kompor
– Panci/Penggorengan
– Mentega

Langkah Kerja:
– Hidupkan kompor
– Letakkan mentega dalam panci/penggorengan
– Letakkan panci/penggorengan di atas kompor menyala
– Amati perubahan yang terjadi pada mentega

Kesimpulan: Mentega mengalami perubahan wujud karena terkena kalor/panas dari panci/penggorengan. Mentega yang merupakan zat padat berubah menjadi zat cair. Peristiwa perubahan wujud benda padat menjadi benda cair karena adanya pemanasan disebut mencair.

Banyak peristiwa di sekitar kita yang menunjukkan perubahan wujud benda karena kalor. Bahkan, di sekitar rumah, kamu akan menjumpai peristiwa itu. Nah, bagaimanakah dengan peristiwa sebelum, saat, dan setelah pembacaan teks Proklamasi? Peristiwa apa sajakah yang terjadi? Mari, kita pelajari bersama.

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -