ADV A1

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Bumiku, Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 102 104 106 dan 107

FAJAR Pendidikan

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan kunci jawaban Tema 8 Kelas 6 SD/MI halaman 102, 104, 106, dan 107, Pembelajaran 2.

Pembelajaran 2 yang mulai dari halaman 101 sampai 107, merupakan materi Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan, Tema 8 Bumiku.

Buku Tema 8 Kelas 6 yang dibahas di bawah ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Kunci jawaban Tema 8 Kelas 6 di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Halaman 102

Ayo Membaca

Bacalah dengan saksama informasi tentang gerhana bulan. Garis bawahi kata kunci dan informasi penting yang kamu temukan pada tiap paragraf! Selain gerhana matahari, gerhana bulan merupakan peristiwa alam yang menarik.

Gerhana Bulan

Gerhana bulan merupakan suatu peristiwa yang terjadi dimana kedudukan matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus, sehingga bayangan Bumi menutupi sebagian ataupun keseluruhan Bulan.

Proses terjadinya gerhana bulan ini dimulai saat Bumi berada di antara Matahari dan juga Bulan pada satu garis yang sama. Hal ini mengakibatkan sinar Matahari tidak sampai ke Bulan karena terhalang oleh Bumi.

Gerhana bulan ini bisa terjadi karena pada saat Bumi berada di antara Matahari dan juga Bulan dalam posisi sejajar seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pada hal demikian Bumi akan menghalangi sinar Matahari yang menuju ke Bulan, sehingga permukaan Bulan akan tertutupi oleh bayangan Bumi.

Proses terjadinya gerhana bulan ini lebih lama jika dibandingkan dengan Matahari, meskipun perbedaan waktunya hanya beberapa menit saja. Seperti halnya gerhana matahari, proses terjadinya gerhana bulan ini sebagai berikut.

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5, Subtema 1 Pembelajaran 1, Halaman 3 4 6

1. Dimulai ketika Bulan yang bersinar terang tiba-tiba tertutup sedikit demi sedikit oleh bayangan hitam. Bayangan hitam tersebut adalah bayangan dari Bumi.

2. Setelah itu lama-kelamaan Bulan yang bulat akan tertutup semakin banyak hingga Bulan hanya terlihat sebagian dan semakin lama Bumi akan terlihat menyabit.

3. Setelah Bumi menyabit, lama-kelamaan Bulan akan tampak menghilang karena tertutup oleh bayangan Bumi. Saat inilah kita tidak dapat melihat Bulan, Bulan seperti menghilang.

4. Setelah Bulan tertutup semua dan tampak seperti menghilang, kemudian kita akan menyaksikan Bulan kembali muncul dari arah pertama kali Bulan menghilang. Munculnya Bulan ini dimulai dari bentuk Bulan sabit, setelah itu Bulan tersebut semakin lama akan semakin terlihat setengah, dan semakin lama akan semakin utuh sehingga tampak seperti semula.

Teks bacaan diatas terdiri dari tiga paragraf yang memiliki gagasan pokok yang berbeda. Bacalah kembali masing-masing paragraf. Carilah informasi penting dari paragraph tersebut yang bisa disajikan melalui gambar (visual) dan sajikan kembali informasi tersebut secara visual.

Jawaban:

Kunci Jawaban Halaman 104

Ayo Mencoba

Lakukan kembali pada halaman 96-98. Pada kesempatan ini, fokuskan pengamatanmu pada posisi Bulan. Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas lima siswa. Bagaimanakah penampakan Bulan dari Bumi? Pilihlah salah satu kegiatan di bawah ini! Siapkan alat dan bahannya dan ikuti petunjuk kegiatan secara runut.

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 2 Pembelajaran 1, Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58

1. Kegiatan A

Alat dan Bahan:

  • Senter (model matahari)
  • Bola plastik ukuran kecil / bola tenis (model bulan)
  • Bola plastik ukuran besar /globe (model bumi)

Langkah Kegiatan
Percobaan Gerhana Matahari

1. Bagilah tanggung jawab dalam kelompokmu:
– 1 orang memegang senter (matahari)
– 1 orang memegang bola plastik kecil (Bulan)
– 1 orang memegang bola plastik besar (Bumi)
– 1 orang memberikan instruksi untuk menyalakan/mematikan senter dan memastikan bahwa kedudukan senter, bola kecil dan bola besar mengikuti garis lurus
– 1 orang mengamati dan mencatat
2. Buat posisi seperti pada gambar!
3. Nyalakan senter dan amati apa yang terjadi.
4. Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang gelap.
5. Coba kamu perhatikan posisi Bulan. Bagaimanakah kenampakan Bulan dari Bumi?

2. Kegiatan B

Alat dan Bahan:
– Senter
– Benang
– Globe/bola ukuran besar
– Bola tenis
– Dudukan bola

Langkah Kegiatan:
Percobaan Gerhana Matahari B

  1. Letakkan globe/bola besar di atas meja.
  2. Ikatlah bola tenis dengan tali, kemudian gantungkan pada dudukan bola.
  3. Letakkan bola tenis di belakang globe/bola besar.
  4. Nyalakan senter, kemudian arahkan cahaya pada bola besar/globe sehingga membentuk garis lurus.
  5. Amati dan catatlah apa yang kamu lihat.
  6. Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang yang gelap.

Lakukan kegiatan ini secara bergantian sehingga setiap anggota kelompok melakukan percobaan dan pengamatan. Catatlah hasil pengamatanmu dan sajikan dalam bentuk laporan.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI