Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 2 Pembelajaran 3, Halaman 67 68 69 70 72 73 74

FAJAR Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD, Subtema 2 Pembelajaran 3, Halaman 67 68 69 70 72 73 74. Kunci jawaban berikut merupakan materi pembelajaran 3 yang terdapat pada halaman 66 sampai 74. Materi dan pembahasan yang diambil berdasarkan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 untuk Kelas 4 SD/MI.

Kunci jawaban berikut merujuk pada Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia, Tema 9 Kayanya Negeriku. Soal yang dibahas terdapat di halaman 67, 68, 69, 70, 72, 73, dan 74. Sementara itu, materi yang dibahas berupa ‘melakukan wawancara’, ‘mengamati gambar’, ‘membaca’.

Kunci jawaban ini dapat digunakan oleh adik-adik Kelas 4 SD/MI sebagai pedoman dalam mempelajari pembelajaran 3. Oleh karena itu, simkalah dengan saksama!

Wah, senang sekali ya bisa menjadikan lingkungan sekitar menjadi sumber informasi dan inspirasi dalam belajar. Ternyata dalam kehidupan sehari-hari kita banyak memanfaatkan sumber daya energi dan perubahannya. Benar sekali. Oleh karena itu, kita harus lebih menghargai sumber daya alam, termasuk sumber energi dan perubahannya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 67 dan 68

Ayo Membaca

Banyak sekali contoh perubahan energi dan pemanfatannya yang ada di sekitar kita. Agar dapat mengidentifikasi contoh-contoh perubahan energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai bentuk-bentuk energi. Macam-macam energi sebagai berikut:

1. Energi Bunyi
Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan dari suara atau bunyi-bunyian, misalnya bunyi halilintar, bunyi gitar, bunyi klakson, dan bunyi gong.

BACA JUGA :   Pengertian Brainware, Hardware Dan Software Serta Contohnya

2. Energi Panas
Energi panas yang terbesar di bumi ini adalah energi panas matahari. Energi panas disebut juga energi kalor.

3. Energi Listrik
Energi listrik paling banyak dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga. Energi ini bisa diganti ke energi lain seperti energi panas, bunyi, dan gerak.

Nah, dari bentuk-bentuk energi yang kita kenal ada beberapa contoh perubahan energi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti berikut.

1. Energi Listrik-Energi Panas
Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas adalah penggunaan oven, kompor listrik, dan setrika.

2. Energi Listrik-Energi Gerak
Contoh perubahan energi listrik menjadi gerak adalah penggunaan AC, kipas angin, mobil mainan, mixer, dan blender.

3. Energi Gerak-Energi Panas
Contohnya ketika sepeda motor dipakai perjalanan jauh, maka akan panas.

4. Energi Cahaya-Energi Listrik
Contohnya penggunaan panel surya.

5. Energi Gerak-Energi Bunyi
Contohnya menabuh gendang atau bertepuk tangan.

Begitu banyak contoh perubahan energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari kita. Sekarang bersama kelompokmu, temukan contoh-contoh lain perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari kita.

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.
Jawaban:
Tabel contoh-contoh perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari kita

BENTUK PERUBAHAN ENERGICONTOH DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Energi Listrik-Energi PanasSetrika, microwafe, solder, oven, rice cooker, Kompor listrik, Pemanggang listrik, Pemanas air listrik
Energi Listrik-Energi GerakKipas angin, blender, mesin bor, lift/elevator, tangga berjalan, Mixer, Motor listrik, Mesin jahit, Penyedot debu, Mesin cuci
Energi Gerak-Energi PanasMenggosokan telapak tangan, berjalan kaki yang jauh, bermain prosotan, ban sepeda dan aspal saat mengerem, membuat api dengan batu.
Energi Cahaya-Energi ListrikPanel surya
Energi Gerak-Energi BunyiBertepuk tangan, Getaran pita suara manusia, Drummer memukul drum, Memetik gitar, Lebah berdengung, Derap langkah sekelompok orang berbaris di jalan.

Ayo Membaca

BACA JUGA :   Definisi Berpikir Kritis dan Bersikap Demokratis Menurut Pandangan Islam

Organisasi wahana lingkungan hidup Indonesia (WALHI) kepulauan Bangka memberikan satu contoh pengembangan teknologi ramah lingkungan. Krisis listrik di Kepulauan Bangka Belitung dijawab WALHI dengan mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya. Pembangkit listrik tenaga surya ini berada di Desa Rebo, Sungai Liat Bangka. Kini Listrik dari tenaga surya ini sudah mampu mengaliri rumah-rumah warga 24 jam penuh..

Pembangkit listrik tenaga surya terdiri atas panel-panel surya. Panel-panel surya inilah yang akan mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Panel surya ini mengambil cahaya matahari yang merupakan sumber cahaya.

Pembangkit listrik yang dikembangkan oleh WALHI dan organisasi dari Korea Selatan ini dirakit dengan melibatkan peran serta warga. Tujuannya agar warga dapat sambil belajar. Dalam pengoperasiannya, pembangkit listrik tenaga surya ini dikelola oleh Koperasi Hijau.

Koperasi Hijau mengelola mulai dari menarik biaya listrik ke rumah warga, manajemen keuangan, sampai perawatan dan hal-hal teknis lainnya . Anggota koperasi adalah warga masyarakat. Dengan demikian warga pun akan aktif berperan dalam menggunakan dan merawatnya. Meskipun demikian, WALHI juga tidak lepas dan melakukan pembinaan.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI