ADV A1

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6, Subtema 1 Pembelajaran 1, Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8 10 11 12

FAJAR Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6, Subtema 1 Pembelajaran 1, Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8 10 11 12, kunci jawaban untuk Kelas 6 SD/MI, pembelajaran 1 yang mulai dari halaman 1 sampai 13.

Kunci jawaban ini dapat adik-adik jadikan sebagai pedoman dalam mempelajari Tema 9 yang berjudul Menjelajah Luar Angkasa, Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan. Kunci jawaban Tema 9 Kelas 6 juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa. Nah, mari kita simak bersama kunci jawaban berikut ini!

Dilansir dari laman Halo Belajar, Berikut ini Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6, Subtema 1 Pembelajaran 1, Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8 10 11 12.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 1

Perhatikan kedua gambar berikut ini dengan saksama! Apakah yang dapat kamu katakan tentang kedua gambar tersebut? Apakah yang membedakan keduanya? Benda langit apa sajakah yang kamu lihat? Apakah kamu pernah melihatnya secara langsung?

Tuliskan beberapa pertanyaan yang terlintas di dalam pikiranmu tentang kedua gambar tersebut. Lalu diskusikanlah dengan teman sebangkumu.
Jawaban:
– Apa perbedaan antara siang dan malam?
– Apa yang menyebabkan siang dan malam?
– Benda langit apa saja yang dapat kamu lihat pada siang dan malam?
– Benda langit apa sajakah yang paling ingin kamu ketahui?
– Tahukah kamu planet lain selain Bumi?
– Bagaimanakah planet-planet itu bekerja sehingga tidak berbenturan satu dengan yang lain?

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 2

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sebangkumu, diskusikan tentang nama benda-benda langit tersebut. Tuliskan juga semua fakta menarik yang kamu ketahui tentang benda-benda langit tersebut. Jika diperlukan, kamu dapat menggunakan sumber lain. Seperti buku pengetahuan, surat kabar, majalah, atau sumber informasi elektronik lainnya.

Jawaban:

Nama-nama benda langit:

1. Bintang
Matahari merupakan salah satu buntang yang ada di alam semesta. Pengertian bintang adalah benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri. Matahari merupakan bintang sejati karena dapat memancarkan cahaya sendiri. Matahari menjadi anggota tata surya yang terbesar sekaligus sebagai pusatnya. Beberapa lapisan yang meyusun matahari adalah laipsan korona, kromosfer, fotosfer, dan lapisan inti.

2. Planet
Planet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan tertentu yang disebut orbit. Planet tidak memiliki cahaya sendiri. Penampakan planet yang terlihat terang di langit karena planet memantulkan cahaya bintang. Sistem tata surya memiliki delapan planet yang meliputi Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

a. Merkurius
Planet yang pertama adalah Merkurius. Merkurius menjadi planet yang terkecil, merkurius juga planet yang paling dekat dengan matahari.
Planet Merkurius memiliki beberapa ciri-ciri yaitu:
– Merkurius merupakan planet yang memiliki predikat sebagai planet terkecil dan terdekat dari Matahari.
– Berwarna abu-abu.
– Memiliki jarak 57 juta km dari Matahari.
– Terdiri dari 70% logam dan 30% silikat.
– Berdiameter sekitar 4.879 km.
– Bersuhu 430° C untuk bagian planet yang menghadap Matahari dan -180° C untuk yang membelakangi Matahari.

b. Venus
Planet Venus merupakan planet kedua yang terdekat dari Matahari. Karena planet venus sering muncul pada pagi dan sore hari, planet venus ini juga dikenal sebagai bintang fajar atau bintang senja.
Ciri-ciri Venus sebagai berikut:
– Biasa dikenal sebagai “bintang fajar” atau “bintang senja”.
– Berwarna putih kekuningan.
– Memiliki jarak 108 juta km dari Matahari.
– Memiliki diameter 12.104 km.
– Berotasi melawan arah rotasi planet-planet lain.

c. Bumi
Bumi terdapat pada urutan planet ketiga yang terdekat dari Matahari. Bumi terdiri dari 70% air dan 30% daratan.
Ciri-ciri planet kesayangan kita ini adalah:
– Berwarna biru kehijauan.
– Memiliki jarak 149,6 juta km dengan Matahari.
– Memiliki diameter sebesar 12.742 km.
– Memiliki 1 buah satelit alami bernama bulan.

d. Mars
Planet mars merupakan planet yang berada pada urutan keempat dari matahari. Mars sering disebut sebagai “planet merah” karena memiliki permukaan yang berwarna kemerah-merahan.
Ciri-ciri planet Mars adalah sebagai berikut :
– Jarak antara mars dan Matahari adalah 227 juta km.
– Memiliki diameter sekitar 6.779 km.
– Memiliki 2 satelit, yaitu Phobos dan Demos.

e. Yupiter
Planet yupiter merupakan planet yang berada pada urutan kelima dari matahari. Yupiter juga merupakan planet yang terbesar pada tata surya kita.
Ciri-ciri dari planet yupiter ini adalah:
– Merupakan planet terbesar pada tata surya.
– Memiliki warna yang tampak berlapis-lapis dengan kombinasi warna orange dan putih.
– Memiliki jarak sejauh 778,55 juta km dengan Matahari.
– Diameternya adalah sekitar 139.820 km.
– Merupakan planet yang memiliki satelit terbanyak pada tata surya, yaitu sebanyak 67 satelit.

f. Saturnus
Selain menjadi planet yang berada pada urutan keenam dari matahari, saturnus juga terkenal dengan cincin yang mengelilinginya. Cincin yang mengelilingi saturnus ini merupakan gumpalan-gumpalan es yang melayang dan mengelilingi atmosfer planet.
Berikut adalah ciri-ciri planet saturnus:
– Berwarna kuning pucat.
– Memiliki cincin yang terbuat dari gumpalan-gumpalan es yang mengelilingi atmosfernya.
– Jarak planet saturnus dan Matahari adalah sejauh 1,4 milyar km.
– Berdiameter sebesar 116.463 km.
– Memiliki satelit sebanyak 56 satelit.

g. Uranus
Planet Uranus merupakan planet yang berada pada urutan ketujuh pada sistem tata surya kita. Planet ini merupakan planet dengan suhu terdingin, yaitu sekitar -224° Celcius.
Ciri-ciri planet uranus antara lain sebagai berikut :
– Merupakan planet yang memiliki suhu terendah & terdingin yaitu sekitar -224° Celcius.
– Berwarna biru muda.
– Memiliki jarak 2.870 juta km dari matahari
– Memiliki cincin unik yang melingkari planet secara vertical.
– Berdiameter 50.724 km.
– Memiliki satelit sebanyak 27 buah satelit.

h. Neptunus
Planet neptunus merupakan planet dengan urutan terakhir dari sistem tata surya kita. Jaraknya dengan matahari, sekitar 4.450 juta km.
Ciri-ciri Neptunus antara lain sebagai berikut
– Merupakan planet yang berwarna biru.
– Memiliki jarak sejauh 4,5 milyar km dari Matahari.
– Berdiameter 49.530 km
– Dikelilingi oleh 8 buah satelit, di antaranya adalah Triton, Proteus, Nereid, dan Larissa.

3. Satelit
Satelit adalah benda langit yang mengelilingi suatu planet dan berputar pada sumbunya. Satelit dibagi menjadi dua jenis yaitu satelit alami dan buatan. Satelit alami merupakan satelit yang sudah ada dalam sistem tata surya. Contoh satelit alami adalah Bulan (satelit bumi), Pobos dan Deimos (satelit Mars), serta Triton dan Nereid (satelit Neptunus). Satelit buatan adalah satelit yang dibuat manusia. Satelit buatan ini sengaja diorbitkan di langit untuk kebutuhan manusia.

4. Komet
Komet sering disebut juga dengan bintang berekor. Hal ini dikarenakan penampakan komet yang menyala seperti bintang yang menyala dan memiliki ekor. Namun sebenarnya komet merupakan kumpulan debu, es, dan gas yang membeku. Ekor komet akan selalu menjauhi matahari. Komet merupakan benda langit yang terbentuk dari Bentuk orbit dari komet adalah lonjong.

5. Asteroid
Asteroid adalah benda langit yang berukuran kecil dan mengelilingi matahari pada lintasan tertentu. Jumlah asteroid sangat banyak dan membentuk sabuk asteroid. Letak sabuk astertoid paling banyak terdapat di antara orbit Mars dan Jupiter. Terkadang, asteroid-asteroid tersebut dapat bertabrakan. Tubrukan antar asteroid akan menghasilkan pecahan batu yang lebih kecil atau disebut meteoroid.

6. Meteoroid
Meteoroid adalah batuan-batuan kecil di langit, melayang-layang di angkasa. Meteorid dapat berasal dari tubrukan antar asteroid. Meteoroid yang masuk dalam atmosfer Bumi disebut meteor. Sebelum ke permukaan Bumi, meteorid akan bergesekan dengan atmosfer. Kondisi tersebut membuat meteor terlihat tampak berpijar, sehingga meteor disebut juga bintang jatuh/bintang beralih. Meteor yang berhasil sampai ke permukaan Bumi disebut meteorit.

Kalian telah berdiskusi tentang benda-benda langit. Tulislah hal-hal yang ingin lebih kamu ketahui tentang benda-benda langit di buku tulismu. Sekarang, mari kita simak percakapan Lani dan Siti.

BACA JUGA :   Ciri-Ciri Tumbuhan Lumut, Pengertian, Bentuk, Stuktur dan Fungsi Beserta Penjelasannya

Lani : “Wah, menarik sekali mengetahui tentang benda-benda langit di alam semesta! Banyak hal tentang alam semesta yang belum saya ketahui, Siti.”

Siti : ”Benar, Lani! Tempat kita tinggal Bumi ini contohnya. Bumi hanya sebagian kecil dari benda-benda langit yang ada di alam semesta. Para ahli astronomi masih terus mempelajari banyak hal tentang alam semesta. Dari mereka kita mendapatkan pengetahuan tentang angkasa luar dan alam semesta ini. Aku sudah tidak sabar ingin membaca beberapa keterangan tentang benda-benda langit dalam artikel berikut! Yuk, kita baca bersama, Lani!”

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6, Subtema 1 Pembelajaran 4, Halaman 42 43 46 48 49

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI