Luasnya Manfaat Sedekah

Orang-orang yang beriman kepada Allah Ta’ala dan hari akhirat, ketika mereka bersedekah, akan mendapatkan berbagai manfaat:

  1. Menghapuskan dosa-dosanya.
  2. Dimasukkan ke dalam surga Allah Ta’ala.
  3. Semakin bertambah keimanannya.
  4. Mempererat ukhuwah di antara sesama kaum muslimin.

Selain itu, sedekah juga membantu tersebarnya dakwah karena dakwah memerlukan dukungan materi. Sedekah menjadi bukti keimanan yang lebih tinggi daripada zakat, yang merupakan salah satu dari sunnah-sunnah Islam.

Sedekah memiliki keistimewaan untuk mengobati penyakit dan menghapuskan kesalahan, sebagaimana air yang mengalir memadamkan api. Sedekah juga merupakan sebab untuk mendapatkan pertolongan dan menambah rezeki.

- Iklan -

Sedekah yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi dapat memadamkan kemarahan Allah Swt. dan mencegah seseorang dari pintu-pintu keburukan.

Lebih jauh, sedekah merupakan simpanan di akhirat yang membersihkan hati, dusta, dan sumpah palsu. Sedekah juga berfungsi sebagai pelindung dari api neraka. Allah akan berbicara langsung kepada orang yang bersedekah di surga, tanpa ada hijab yang memisahkan.

Baca Juga:  Nasihat Berharga untuk yang Kalian Masih Enggan Berkurban (1)

Ini adalah sebagian dari keutamaan sedekah dalam Islam, sebagai amal yang sangat dianjurkan dan memiliki keberkahan yang besar di dunia dan akhirat.

- Iklan -

Melindungi dari Panasnya Kubur

Sedekah tidak mengurangi harta seseorang. Allah akan menerima sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya. Allah akan mengganti apa yang kita sedekahkan dengan 700 kali lipat.

Sedekah yang paling utama adalah di bulan Ramadan. Sedekah yang terbaik adalah kepada sanak kerabat yang memusuhi kita. Sedekah yang lebih utama adalah kepada orang yang taqwa, orang-orang yang saleh, yang tidak meminta-minta kepada orang lain secara tidak jelas.

Ganjaran yang Besar

Ganjaran yang besar dari sedekah termasuk memberi kepada anak-anak yatim dan janda-janda miskin, bagaikan berjihad di jalan Allah. Sedekah dapat menjadikan keluarga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.

- Iklan -

Termasuk dalam sedekah adalah menjaga agar tidak menyakiti hati saudaranya dengan lisannya. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Jagalah dirimu dan keluargamu dengan sedekah, sekalipun setengah butir kurma.”

Baca Juga:  Manakah Hewan Kurban yang Paling Utama

Setiap pagi, dua malaikat turun ke bumi. Malaikat pertama berdoa, “Ya Allah, gantilah apa yang sudah disedekahkan oleh hambamu.” Malaikat kedua berdoa, “Ya Allah, tahanlah rezekinya, karena dia sudah menahan hartanya untuk disedekahkan.” (HR. Bukhari)

Semoga yang membaca mengucapkan Aamiin. Semoga dijauhkan dari segala penyakit, diberi kesehatan, kelapangan rezeki, kebahagiaan keluarga, dan mendapatkan pintu-pintu surga. Aamiin ya rabbal alamin.

Dapat Mencegah Bencana

Saat ini, negara kita sedang mengalami banyak bencana seperti banjir, erupsi gunung berapi, dan pandemi virus corona.

Semua itu adalah takdir dari Allah. Sebagai manusia, kita perlu bersabar dan bertawakkal. Tahukah bahwa sedekah dapat mencegah bencana?

Dalam hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Bersegeralah bersedekah, karena bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (Riwayat Imam Bukhari). (ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU