Mahasiswa FKM Unhas Gelar Permainan Edukatif PTM

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menggelar sejumlah permainan edukatif di SD Inpres Hombes Armed. Sabtu, 26 Oktober 2019.

Sekolah yang berlokasi di Desa Je’ne Madinging, Kabupaten Gowa ini menjadi salah satu tempat pelaksanaan kegiatan Bina Desa Mahasiswa.

Permainan edukatif yang diselenggarakan yaitu, lomba puzzle, ular tangga dan ranking satu. Semua permainan tersebut mengambil topik penyakit tidak menular (PTM).

- Iklan -

Kegiatan dimulai sekitar jam 09.00 dan berakhir jam 11.00 WITA. Lomba tersebut diikuti sejumlah murid kelas 3 sampai 6.

Mereka berkumpul terlebih dahulu untuk mendengar arahan dari mahasiswa sebelum mengikuti lomba.

Baca Juga:  GenBI Wilayah Sulawesi Selatan Periode 2024/2025 Sukses Laksanakan Rapat Kerja

Kegiatan tersebut disambut meriah oleh murid-murid. Pembukaan dipandu oleh Pupin Astuti, Muh. Agung, dan Sonia.

- Iklan -

Mereka menjelaskan mengenai maksud dan tujuan dari kegiatan yang akan dilaksanakan.

Setiap mahasiswa memegang peranan dalam memandu jalannya lomba. Pelaksanaan lomba puzzle dipandu oleh Pupin Astuti dan Briliana Aulia Rahmah.

Semua murid diarahkan terlebih dahulu dan diberikan penjelasan tentang penyakit hipertensi dan diabetes.

- Iklan -

Hal ini bertujuan agar murid-murid dapat bermain dengan mudah dalam memainkan lomba puzzle. Murid-murid diberitahu bagaimana cara memainkan puzzle dengan baik dan benar.

Baca Juga:  Pembukaan dan Technical Meeting II PMP-OMK XXVII: LPM Penalaran UNM Dorong Generasi Inisiatif dan Kolaboratif

Dalam permainan ini terdapat dua macam puzzle yaitu, puzzle hipertensi dan puzzle diabetes. Setiap puzzle dimainkan oleh enam orang dalam satu tim.

Masing-masing tim terdiri atas tim perempuan dan tim laki-laki. Mereka harus saling berkerjasama dalam memperebutkan juara.

Dalam permainannya mereka harus membaca pertanyaan yang ada di puzzle terbuka dan mencari jawaban yang tepat pada potongan puzzle untuk dapat menyelesaikan sebuah puzzle.

Perlombaan dimenangkan oleh tim laki-laki. Tim yang menang mendapatkan hadiah berupa tumbler dan buku tulis. Setelah mendapatkan hadiah semua murid beserta mahasiswa dan dosen mengabadikan momen dengan berfoto bersama. (FP/Rls)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU