Mahasiswa Magang PKIP Unhas Ikut Dalam Kegiatan Penyuluhan HIV AIDS dan Pemeriksaan VCT MOBILE

FAJAR Pendidikan

Puskesmas Halmahera Kota Semarang bagian bidang Kesehatan Masyarakat bersama dengan mahasiswa magang dari departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP), Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) kembali melakukan Kegiatan Penyuluhan HIV AIDS dan Pemeriksaan VCT MOBILE di Kota Semarang, pada Sabtu (1/10).

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat, agar dapat mencegah kejadian penyakit HIV AIDS.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kota Semarang di Nice SPA.

Ada beberapa rangkaian dalam kegiatan ini yaitu; Sebelum dilakukan VCT test peserta mendapatkan Penyuluhan kesehatan mengenai HIV AIDS;

Kemudian pra konseling dan setelah itu dilakukan pengambilan sampel darah untuk test HIV AIDS.

BACA JUGA :   Kepala Pusat Lingkungan Hidup Unhas Prof Anwar Daud Jadi Koordinator BKPSL se Indonesia Masa Jabatan 2022-2024

Peserta dihadiri oleh tim Puskesmas Halmahera meliputi Dokter spesialis, Dokter Coast dan Promosi Kesehatan Pembukaan dilakukan oleh dr Vina Puskesmas Halmahera Kota Semarang.

Mahasiswa magang dari Universitas Hasanuddin yang turut hadir dalam kegiatan ini adalah Nur Devi Syamsir.

Kegiatan penyuluhan HIV AIDS dan Pemeriksaan VCT sebagai tempat mahasiswa dalam menambah wawasan mengenai tentang bagaimana cara pencegahan dari penyakit HIV AIDS.

Diadakannya penyuluhan dan pemeriksaan ini diharapkan dapat menurunkan jumlah kasus baru, menurunkan angka kematian, menghilangkan stigma dan diskriminasi.

dr vina selaku Dokter Puskesmas Halmahera Kota Semarang menjelaskan diadakan kegiatan ini merupakan salah satu hak dasar kesehatan yang harus dipenuhi.

BACA JUGA :   Dosen Senior FKM Unhas Menerima Life Time Achievement Award pada Kegiatan Munas AIPTKMI

“Maka penting bagi kami untuk selalu memberikan layanan yang baik dan apabila ada yang positif, maka akan diambil tindakan penanganan selanjutnya,” terangnya.

Kegiatan ini, sambungnya sangat membantu tenaga medis di Puskesmas Halmahera Kota Semarang dalam hal pengawasan terhadap penyakit, terutama dalam hal penyakit menular.

Dengan melingkar secara bersama pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi kejadian penyakit HIV AIDS sehingga lahirlah beberapa saran dan solusi untuk mengatasi permasalah ini sebagai upaya penurunan kejadian penyakit HIV AIDS.

“Jadi segala solusi yang telah didapatkan dapat selalu dipertahankan agar mendapat hasil yang baik,” harapnya.

Bagikan:

Pilihan

BACA JUGA

- ADV D1 -

TERPOPULER

<