Mahasiswa Magang PKIP Unhas Ikut Dalam Kegiatan Survei Mawas Diri

Puskesmas Halmahera Kota Semarang bagian bidang Kesehatan Masyarakat bersama dengan mahasiswa magang dari departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) kembali melakukan Kegiatan Survei Mawas Diri (SMD) di Kelurahan Rejosari, pada Kamis (20/10).

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat
Untuk mengetahui faktor resiko penyakit yang ada diwilayah kelurahan Rejosari.

- Advertisement -

Kegiatan ini dilaksanakan di Kota Semarang di Kelurahan Rejosari Semarang.

- Advertisement -

Ada beberapa rangkaian dalam kegiatan ini yaitu; Sambutan kepala kelurahan Rejosari, kepala Puskesmas dr Turi dan dilanjutkan penyuluhan terkait Survei Mawas Diri dan terakhir diskusi.

Peserta dihadiri oleh tim Puskesmas Halmahera meliputi Kepala Puskesmas Dokter spesialis;

BACA JUGA :   Dosen Senior FKM Unhas Menerima Life Time Achievement Award pada Kegiatan Munas AIPTKMI

Kepala kelurahan Rejosari, Promosi Kesehatan, Epidemiolog, Kesehatan Lingkungan dan Tim Gizi Pembukaan dilakukan Kepala Puskesmas Halmahera Kota Semarang.

Mahasiswa magang dari Universitas Hasanuddin yang turut hadir dalam kegiatan ini adalah Nur Devi Syamsir.

Kegiatan survei ini sebagai tempat mahasiswa dalam menambah wawasan mengenai tentang bagaimana cara menurunkan permasalahan kesehatan di setiap kelurahan.

Diadakannya kegiatan ini agar masyarakat mengenal, mengumpulkan data, mengkaji masalah Kesehatan, yang ada di kelurahan dalam rangka menyiapkan kelurahan siaga dan timbulnya kesadaran masyarakat untuk mengetahui masalah Kesehatan dan potensi yang ada di kelurahan yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan Kesehatan.

BACA JUGA :   FKM Unhas Gelar Donor Darah, Peringati Dies Natalis ke 40

dr Turi selaku kepala Puskesmas Halmahera Kota Semarang menjelaskan diadakan kegiatan ini merupakan salah satu hak dasar kesehatan yang harus dipenuhi.

Merupakan suatu upaya bersama yang dilakukan oleh Puskesmas dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat.

Serta menggali potensi-potensi yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Kegiatan SMD ini dilaksanakan dengan melakukan Pendataan Ke Rumah Tangga dengan menggunakan kuesioner

“Jadi Hasil SMD Puskesmas Halmahera kemudian akan menjadi dasar untuk menyusun pemecahan masalah yang dihadapi dan akan dibahas pada pertemuan Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) untuk mencari solusi bersama mengatasi Masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat,” jelas dr Turi.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: