Monday, May 25, 2020

Mahasiswa Pertayakan Efektivitas Offisial dalam Upaya Mendulang Emas di Porda

- Advertisement -

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id-  Porda ke-16 Sulawesi Selatan dilaksanakan di Kabupaten Pinrang. Pada perhelatan itu, kontingen Porda Kabupaten Bone memberangkatkan sebanyak 564 orang. Hal itu diketahui dari daftar Kontingen Porda Kabupaten Bone yang dikeluarkan oleh KONI Bone.

Sebagaimana tertera di daftar, dari 564 orang tersebut, tercatat sebanyak 252 atlet untuk mengikuti 25 cabang olahraga (Cabor). Sisanya, 141 orang adalah official dan 4 orang lainnya adalah mekanik kontingen Bone.

Sejumlah cabor, nampak jumlah offisialnya lebih banyak ketimbang jumlah atletnya. Dan pada cabor lainnya nampak seimbang. Sedangkan cabor lainnya lebih banyak atlet ketimbang offisial.

Ketua Kontigen Bone Andi Haidar, dalam penyataannya di media, mengklaim banyaknya pelatih dan offisial sebagai upaya menambah raihan emas di Porda Pinrang.

Membaca hal tersebut, sejumlah mahasiswa berkomentar, menyoal efektivitas offisial dalam mendulang prestasi (emas) di Porda ke 16.

Diantaranya, salah seorang mahasiswa di salah satu kampus di Bumi Arung Palakka, Adi. Ia mengatakan, banyaknya offisial dalam kontigen tersebut mesti dijelaskan kepada publik agar bisa menampik kesan negatif dari adanya ketidakseimbangan antara atlit dan offisialnya. Kesan negatif yang berkembang seperti dugaan ajang jalan-jalan oleh oknum pejabat, boros anggaran dan lain sebagaiannya.

Selain itu, lanjutnya, nama dan kompetensi dari offisial tersebut juga harus transparan.

“Kita melihat di daftar ada 71 orang Panitia,  6 orang medis, 27 koordinator kecamatan, dan pejabat 63 orang. Nampak pula, pada beberapa cabor atlitnya sedikit tapi offisialnya banyak, ada seimbang, dan ada juga sebaliknya. Ini apa githu yang mendasari?, apa tupoksinya?,”tanya Adi

Walau demikian, dengan berbagai upaya itu, Ia juga berharap Kontingen Bone benar-benar mampu membawa pulang emas melebihi target, sehingga mampu menampik kesan negatif yang merebak di masyarakat.

Reporter: Abustan

- Advertisement -

TERKINI

Toleransi Beragama Di Pos Covid-19 Rumdis TNI AL Lantamal VI Dewakang B1

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Toleransi dan Wujud kerukunan terkadang berawal dari hal-hal sederhana, dan mudah ditemui di sekitar kita. Salah satunya dicontohkan oleh...

Danlantamal VI Bersama Forkopimda Sulsel Tinjau Pospam Ketupat 2020 Dan Monitoring Sitkamtibnas di Kota Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas bersama Forkopimda Sulsel meninjau kesiap siagaan Pos Pengamanan...

Pos Covid-19 Kompleks TNI AL Lantamal VI Dewakang B1 Spontan Edukasi Penggunaan Masker Kepada Anak-anak

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pos Covid-19 Kompleks TNI AL Lantamal VI Dewakang B1 Lantamal VI spontan memberikan edukasi budaya hidup sehat menggunakan masker...

FH Unhas Bahas Kedaulatan Pangan di Masa Pandemi Bersama Menteri Pertanian RI

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH Unhas) menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema “Menjaga Kedaulatan Pangan di Masa Pandemi”.

REKOMENDASI