- Advertisement -

Mahasiswa Program Magister Kesling FKM Unhas Gelar Kunjungan Lapangan dan Penyuluhan

Mahasiswa Program Magister Kesehatan Lingkungan FKM Unhas melaksanakan kunjungan lapangan ke Desa Pundata Baji Kecamatan Labbakkang Kabupaten Pangkep. Sabtu, 21 Mei 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Program Kesehatan Lingkungan dan Mata Kuliah Kawasan Pantai Pesisir dalam lingkup Program Magister Kesehatan Lingkungan FKM Unhas.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan ini berlangung di empat titik yaitu di SDN 31 Pundata Baji, SMKN 6 Pangkep, dan Masyarakat di sekitar Pelabuhan/Dermaga Maccini Baji.

Koordinator pelaksana dalam kegiatan ini adalah Dr Syamsuar Manyullei, SKM MKes MScPH beserta Ardalif Lulhaq, SKM dan A Muh Faudzul Adzim – Mahasiswa Peraih Juara 1 dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat FKM Unhas.

“Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam membuat program kesehatan lingkungan dan melaksanakan program tersebut dengan setting daerah pantai dan pesisir,” terang Syamsuar.

BACA JUGA:  Kerja Sama di Bidang Pendidikan, Bupati Maros Teken MoU Dengan Unifa
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Selain itu, mendekatkan mahasiswa ke masyarakat khususnya siswa sekolah dasar dan menengah agar bisa bermimpi.

“Motivasi yang diberikan kepada adik-adik siswa sekolah dasar dan menengah agar terus berusaha mengejar mimpi dan cita-citanya agar menjadi manusia yang berprestasi dan berbakti kepada orangtua, bangsa dan Negara,” ungkap Faudzul.

Kegiatan yang dilaksanakan di SDN 31 Pundata Baji adalah pendidikan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan kegiatan Pendidikan kesehatan terkait kecacingan.

Sedangkan di SMKN 6 Pangkep adalah Pendidikan Kesehatan Terkait Bahaya Merokok terhadap Kesehatan dan Kegiatan Pengelolaan Sampah.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan pemaparan materi terkait tema tersebut dan memberikan ice breaking seperti permainan, pemberian hadiah, dan bernyanyi bersama. Para siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

BACA JUGA:  Mahasiswa Posko 36 PBL FKM Unhas Laksanakan Program Penyuluhan Mengenai ISPA di Kantor Desa Parenreng
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Masyarakat Desa Pundata Baji juga mendapatkan Pendidikan kesehatan terkait Pencegahan Demam Bedarah Dengue (DBD), Pendidikan Kesehatan Mengenai Pencegahan Tuberculosis, Pencegahan Dermatitis, Penggunaan Jamban Keluarga, Pencegahan Hepatitis dan Sanitasi Lingkungan.

Masyarakat sangat antusias mendengarkan memberikan pertanyaan terkait masalah-masalah tersebut.

Kegiatan ini juga melibatkan STIKES Graha Edukasi Makassar. Dr Nurhikmah, S menyatakan bahwa ia sangat senang terlibat dalam kegiatan seperti ini dan mengharapkan kerja sama ini bisa terus terjalin dengan baik. Selain itu, diharapkan kegiatan ini menghasilkan output karya ilmiah.

“Kegiatan ini diharapkan memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa, dalam berbagi ilmu dan pengalaman kepada siswa dan masyarakat pada umumnya juga mengharapkan kegiatan seperti ini bisa terus diberikan kepada mahasiswa,” ungkap koordinator pelaksana La Ode Bachtiar.

Bagikan

BACA JUGA:

FKM Unhas dan STIKES Panrita Husada Bulukumba Teken MoU

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menandatangani perjanjian kerja sama dengan sejumlah institusi atau perguruan tinggi di Kawasan Timur Indonesia diantaranya...

Rektor Akan Jadikan UIN Alauddin Rujukan Sintesa Keilmuan di ASEAN

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis menyiapkan kampus yang berjargon Peradaban itu menjadi rujukan sintesa keilmuan di Association of Southeast Asian...

Dosen PGSD Unismuh Makassar Bawakan Materi Kewirausahaan di IAILM Suryalaya Tasikmalaya

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Salah satu dosen PGSD UNISMUH Makassar, sekaligus kandidat doktor Pendas SPs UPI, Muh Erwinto Imran MPd menjadi Narasumber Seminar Akademik di Kampus IAILM...

Dibutuhkan Kolaborasi Mitra dan FKM Unhas Uji Kesesuaian Teori dan Perencanaan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - “Tentu harapan dari kerjasama ini yaitu, saling menguntungkan. Dalam artian, kampus kita (FKM Unhas) ini adalah pusat ilmu pengetahuan. Sehingga tentu Depkes atau Kemenkes...

UT Makassar Gelar Pendampingan Penyelesaian Studi Prodi Magister Administrasi Publik

TORAJA UTARA-fajarpendidikan.co.id Universitas Terbuka (UT) Makasaar menggelar pendampingan dan motivasi untuk penyelesaian studi pada prodi magister administrasi publik di Toraja Utara, Sabtu, 27 Agustus 2022. Pendampingan...

POPULER

7 Hal Menarik dari Pria, Bisa Membuat Wanita Tertarik

Pria tak seharusnya berpikir ribet soal gimana caranya PDKT pada perempuan. Hal-hal sederhana dan terlihat biasa berikut justru yang bikin wanita tertarik pada Anda. Apa sih yang...