Mahasiswa Program Magister Kesling FKM Unhas Gelar Kunjungan Lapangan dan Penyuluhan

FAJAR Pendidikan

Mahasiswa Program Magister Kesehatan Lingkungan FKM Unhas melaksanakan kunjungan lapangan ke Desa Pundata Baji Kecamatan Labbakkang Kabupaten Pangkep. Sabtu, 21 Mei 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Program Kesehatan Lingkungan dan Mata Kuliah Kawasan Pantai Pesisir dalam lingkup Program Magister Kesehatan Lingkungan FKM Unhas.

Kegiatan ini berlangung di empat titik yaitu di SDN 31 Pundata Baji, SMKN 6 Pangkep, dan Masyarakat di sekitar Pelabuhan/Dermaga Maccini Baji.

Koordinator pelaksana dalam kegiatan ini adalah Dr Syamsuar Manyullei, SKM MKes MScPH beserta Ardalif Lulhaq, SKM dan A Muh Faudzul Adzim – Mahasiswa Peraih Juara 1 dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat FKM Unhas.

“Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam membuat program kesehatan lingkungan dan melaksanakan program tersebut dengan setting daerah pantai dan pesisir,” terang Syamsuar.

BACA JUGA :   Mahasiswa PBL III FKM Unhas Posko 28 Laksanakan Seminar Awal di Desa Laguruda

Selain itu, mendekatkan mahasiswa ke masyarakat khususnya siswa sekolah dasar dan menengah agar bisa bermimpi.

“Motivasi yang diberikan kepada adik-adik siswa sekolah dasar dan menengah agar terus berusaha mengejar mimpi dan cita-citanya agar menjadi manusia yang berprestasi dan berbakti kepada orangtua, bangsa dan Negara,” ungkap Faudzul.

Kegiatan yang dilaksanakan di SDN 31 Pundata Baji adalah pendidikan kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan kegiatan Pendidikan kesehatan terkait kecacingan.

Sedangkan di SMKN 6 Pangkep adalah Pendidikan Kesehatan Terkait Bahaya Merokok terhadap Kesehatan dan Kegiatan Pengelolaan Sampah.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan pemaparan materi terkait tema tersebut dan memberikan ice breaking seperti permainan, pemberian hadiah, dan bernyanyi bersama. Para siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

BACA JUGA :   Anggota Posko 2 Desa Bontoloe PBL III FKM Unhas Lakukan Evaluasi Mengenai CTPS  dalam Bentuk Permainan Ular Naga

Masyarakat Desa Pundata Baji juga mendapatkan Pendidikan kesehatan terkait Pencegahan Demam Bedarah Dengue (DBD), Pendidikan Kesehatan Mengenai Pencegahan Tuberculosis, Pencegahan Dermatitis, Penggunaan Jamban Keluarga, Pencegahan Hepatitis dan Sanitasi Lingkungan.

Masyarakat sangat antusias mendengarkan memberikan pertanyaan terkait masalah-masalah tersebut.

Kegiatan ini juga melibatkan STIKES Graha Edukasi Makassar. Dr Nurhikmah, S menyatakan bahwa ia sangat senang terlibat dalam kegiatan seperti ini dan mengharapkan kerja sama ini bisa terus terjalin dengan baik. Selain itu, diharapkan kegiatan ini menghasilkan output karya ilmiah.

“Kegiatan ini diharapkan memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa, dalam berbagi ilmu dan pengalaman kepada siswa dan masyarakat pada umumnya juga mengharapkan kegiatan seperti ini bisa terus diberikan kepada mahasiswa,” ungkap koordinator pelaksana La Ode Bachtiar.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI