Makna Mangkuk Ayam Jago, Edisi Google Doodle,12 September 2022

Makna Mangkuk Ayam Jago, Edisi Google Doodle,12 September 2022
Makna Mangkuk Ayam Jago, Edisi Google Doodle,12 September 2022

Google Doodle menampilkan mangkuk ayam jago pada edisi hari ini. Mangkuk ayam jago yang ditampilkan Google bisa bergerak-gerak.

Pada situs resminya, Google menilai mangkuk ayam jago sangat populer di Asia. Ia berasal dari Lampang, Thailand dan sudah didaftarkan oleh pemerintah Thailand sebagai produk tanda geografis dari wilayah tersebut pada 2013.

“Itu artinya, hukum perdagangan internasional mengakui kualitas dan reputasi ayam jago yang dibuat di region tersebut,” tulis Google.

Sejatinya, mangkuk ayam Lampang juga berasal dari China. Pada gambar aslinya, ayam jago melambangkan kerja keras, sementara daun pisang dan bunag peony melambangkan mimpi dari keuntungan yang bagus.

BACA JUGA :   Tak Hanya Anies, Prabowo Pun Dijegal Nyapres

Pada tahun 1957, para pengusaha di Lampang banyak membuka pabrik mangkuk tersebut. Pasalnya, wilayha tersebut sangat cocok untuk industri keramik karena punya banyak mineral.

Sejak saat itulah, Lampang terkenal dengan produk mangkuk ayam jagonya. Masyarakat lokal pun merasakan dampak yakni ekonomi yang meningkat.

Hingga saat ini, Lampang terus memproduksi mangkuk serupa. Namun hanya ada sedikit pengusaha yang bisa mendesain mangkuk itu sesuai gaya tradisonal dan materialnya.

BACA JUGA :   Tolak RUU Sisdiknas, APTISI IX Sulsel dan APPERTI Minta Presiden Bentuk Tim Revisi

Alhasil, mangkuk ayam yang asli, yang dicat dengan tangan menjadi barang yang layak dikoleksi.

Masih dalam situs resminya, Google Doodle berupa mangkuk ayam jago ini hanya akan terlihat di Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Di Tanah Air, mangkuk ini pun sangat populer karena biasa dipasangkan dengan mie ayam, indomie, dan bakso.