Manfaat Panas Bumi Bagi Masyarakat dan Industri

Energi panas bumi memiliki banyak manfaat bagi masyarakat dan industri. Sumber energi panas yang terbentuk di kerak bumi ini tersimpan dalam bentuk uap air atau air panas. Asalnya dari pemanasan batuan dan air, bersama dengan unsur lainnya.

Berdasarkan tingkatan suhu, panas bumi bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Misalnya budi daya jamur, pengeringan buah dan sayur, pengeringan kayu, produksi hidrogen, hingga pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP).

Baca Juga:  Dasar Dasar Mempelajari Python : Tipe Data Dan Variabel Dalam Python

Di Indonesia, salah satu pemanfaatan panas bumi secara langsung adalah untuk geowisata seperti Kawah Kamojang di Garut, Jawa Barat. Di wilayah Kamojang, panas bumi juga dimanfaatkan oleh sektor agrobisnis sebagai energi untuk mengeringkan biji kopi.

- Iklan -
Baca Juga:  Cara Kredit HP di Lazada Tanpa Kartu Kredit

Sementara secara tidak langsung, panas bumi dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Indonesia memiliki sejumlah PLTP di mana salah satu operatornya adalah Pertamina Geothermal Energy.  Adapun kapasitas terpasang pembangkit panas bumi Indonesia merupakan yang terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU