Masuk Surga dari Pintu Sedekah

Bagaimana perasaan apabila nama kita tidak dipanggil untuk masuk surga dari pintu sedekah? Yang pada saat itu, sangat banyak manusia yang ingin dipanggil oleh pintu sedekah. Tapi nama kita tidak dipanggil-panggil.

Tetapi nama orang lain yang selalu dipanggil. Bagaimana perasaan kita ? Beribu keutamaan Allah anugerahkan bagi orang bersedekah. Pahala sedekah diobral berlapis lapis, tidak terbilang banyaknya.

Dan ampunan Allah, menyelimuti segenap penjuru bumi bagi orang orang yang bersedekah.

- Iklan -

Salah satu sarana yang mengantarkan seorang mukmin mendapatkan keuntungan dan pahala yang sangat besar. Sehingga dipanggil ke surga oleh pintu sedekah, adalah melalui infak atau sedekah. Sedekah adalah tanda keimanan. (HR Muslim no.223).

Meneladani Rasulullah, beliau adalah orang yang paling dermawan lagi dibulan Ramadan. (HR. Bukhari no.6). Sedekah dapat membebaskan dari siksa kubur. (HR. Thabrani Shahih AtTarghib 873).

Dari Ibnu Umar, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Manusia yang paling dicintai oleh Allah, adalah membuat muslim yang lain bahagia.

- Iklan -
Baca Juga:  Dosa Besar Mengaku Keturunan Rasulullah Tanpa Bukti

Mengangkat kesusahan dari orang lain. Membayarkan utangnya, atau menghilangkan dari rasa laparnya. Suggguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim, untuk sebuah keperluan, lebih aku cintai dari pada beri’tikaf di mesjid ini, mesjid Nabawi selama sebulan penuh”.

(HR Thabrani di dalam Al Mu’jam Al Kabir no.13280, 12:453. Syeikh Al Albani mengatakan bahwa, hadist ini hasan sebagaimana disebutkan dalam Shahih Al Jaami no.176).

Ruginya Orang yang Tidak Mau Bersedekah

- Iklan -

Harta yang kita miliki , bukan semuanya milik kita Karena ada hak saudara saudara kita.di dalamnya. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi kita, untuk bersedekah.

Berikut adalah beberapa kerugian kalau tidak mau besedekah.

  1. Terlilit banyak utang

Faktanya kita memiliki kewajiban bersedekah setiap hari. Bahkan setiap ruas tulang kita, punya kewajiban untuk bersedekah.

Rasulullsh bersabda,” Hendaklah kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu, pada setiap pagi. Sebab bacaan tasbih itu adalah sedekah. Tahmid adalah sedekah. Tahlil adalah sedekah. Takbir adalah sedekah. Menyuruh kepada yang ma’,ruf adalah sedekah. Mencegah yabg mungkar adalah sedekah. (HR. Muslim 1181).

Baca Juga:  Hikmah Dibalik Ibadah Kurban

2. Sulit merasa cukup karena tidak menikmati harta.

“,Sesungguhnya yang namanya kaya adalah kayanya hati (hati yang selalu merasa cukup). Sedangkan fakur adalah fakirnya hati (,hati yang selalu merasa tidak puas). (HR. Ibnu Hibban).

3 Harta akan menjadi musuh di akhirat

“Dan orang orang yang menyimpan emas dan petak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka (bahwa mereka akan mendapati) siksa yang pedih”. (QS At Taubah :34).

Semoga Allah Subhanahu Wataala selalu memberikan kita semuanya, kesehatan, kebahagiaan, keluarga yang sakinah, mawadda, warahmah.

Kemudahan dalam segala urusan, rezeki yang banyak barokah. Ilmu yang bermanfaat, sukses dunia akherat. Selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wataala, dimanapun kita berada. Aamiin ya rabbal alamin. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU